TERTAWALAH, SEBELUM TERTAWA ITU DILARANG

Mazmur 126:2 Pada waktu itu mulut kita penuh dengan tertawa, dan lidah kita dengan sorak-sorai. Pada waktu itu berkatalah orang di antara bangsa-bangsa: “Tuhan telah melakukan perkara besar kepada orang-orang ini!”

Saya mengutip judul di atas dari slogan Warkop DKI, trio pelawak yang sangat terkenal di era 70-80an. Saya percaya bahwa tertawa adalah sesuatu yang Alkitabiah. Tertawa adalah tanda bahwa hati dan pikiran kita tidak berbeban berat.

(Baca juga: KEUNTUNGAN MENGHAFAL FIRMAN TUHAN)

Beberapa minggu terakhir istri saya sangat sibuk sekali dengan pekerjaannya. Terkadang ketika pulang sore hari, saya dapat melihat wajah lelahnya. Belakangan, menjelang tidur, dia menyempatkan diri menonton sebuah serial televisi tahun 70-80an berjudul Mind Your Language. Serial komedi ini bercerita mengenai seorang guru yang bergumul mengajarkan bahasa Inggris kepada murid-muridnya yang berasal dari negara lain.

Setiap kali menonton serial itu, istri saya selalu tertawa terbahak-bahak, dan saya dapat melihat wajah lelahnya hilang.

Saya bersyukur Tuhan menciptakan ekspresi tertawa di dalam hidup kita. Tertawa memiliki kekuatan yang luar biasa. Tertawa dapat mengubah suasana hati dan air wajah kita.

(Baca juga: APA YANG DIMAKSUD DENGAN “DIBENARKAN KARENA IMAN”?)

Mungkin Anda sedang merasa lelah atau berbeban berat hari ini. Mungkin Anda sedang serius memikirkan sesuatu. Mungkin Anda sedang merasa takut atau ragu. Jika iya, mungkin yang butuhkan saat ini adalah tertawa. Ya, carilah sesuatu atau seseorang yang dapat membuat Anda tertawa. (penulis: @mistermuryadi)

Advertisements

One comment

  1. Sukacita dan damai sejahtera yang Tuhan berikan dapat terlihat saat kita tertawa. Hanya orang yang tidak berbeban berat dan hidup dalam pengharapan yang dapat tertawa. Kita bisa tertawa kerena Tuhan. Terima kasih Koh Zal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.