JIKA HATI KITA TERPAUT KEPADA YESUS, KITA TIDAK AKAN TERSESAT

Yohanes 14:5-6 Kata Tomas kepada-Nya: “Tuhan, kami tidak tahu ke mana Engkau pergi; jadi bagaimana kami tahu jalan ke situ?” Kata Yesus kepadanya: “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

Sama seperti Tomas, saya sering bertanya ke Tuhan mengenai masa depan, tujuan hidup, dan pilihan yang mesti saya ambil.

(Baca juga: KASIH TIDAK PERNAH GAGAL)

Sebagai manusia, kita ingin Tuhan menjawab semua pertanyaan kita terlebih dahulu sebelum kita memutuskan percaya kepada-Nya. Kita ingin tahu semua hasil dari keputusan kita sebelum kita membuat sebuah keputusan.

Tomas bertanya kepada Yesus, “Bagaimana kami tahu jalan ke situ?” Pertanyaan tersebut menyiratkan Tomas ingin kepastian. Tomas ingin Yesus memberikan jawaban sebelum dia memutuskan berjalan ke jalan tersebut. Tomas ingin tahu apa yang akan terjadi agar dia dapat mempertimbangkan segala sesuatunya sebelum mengambil keputusan.

Namun, berjalan bersama Yesus memerlukan iman. Iman adalah percaya kepada Yesus, apa yang Dia katakan dan janjikan. Iman seringkali berarti mengambil risiko untuk percaya kepada Yesus, meskipun yang kita lihat, rasakan, dan pikirkan mungkin berkata sebaliknya.

Terhadap pertanyaan Tomas, Yesus menjawab bahwa Dia adalah jalan, kebenaran, dan hidup. Atau dengan kata lain, Yesus mengatakan, bahwa Tomas tidak perlu tahu ke mana tujuannya dan apa yang mungkin terjadi di depan nanti. Yang perlu Tomas tahu dan kenal adalah Yesus, yang akan senantiasa menyertainya.

Saya percaya jika hati kita selalu terpaut kepada Yesus, kita tidak akan salah jalan. Sekalipun kita salah jalan, Dia akan membawa kita kembali ke jalan yang benar.

Saya ingat pada waktu Tuhan menyuruh Abraham pergi dari tanah kelahirannya, Tuhan tidak memberi tahu ke mana Abraham harus pergi. Luar biasanya, Abraham taat dan dia sampai ke tujuan.

(Baca juga: AYAT TERMANIS DI ALKITAB)

Kontras dengan hal tersebut. Banyak orang mengira kalau mereka dapat mempertimbangkan segala sesuatunya, mereka tidak akan pernah salah jalan atau salah ambil keputusan. Faktanya, banyak orang yang tersesat ketika mereka mencoba mencari jalan mereka sendiri. Sedangkan, orang-orang yang mengenal Tuhan, yang berjalan bersama-sama Tuhan, dan yang hatinya terpaut kepada Tuhan, tidak pernah tersesat. Haleluya! (penulis: @mistermuryadi)

= = = = =

Jika blog ini memberkati Anda, pertimbangkanlah untuk menabur. Anda dapat memberikan donasi via BCA 7340 12 6160 atau CommBank (AUS): BSB 062239, Account Number 1030 2575 atas nama Zaldy Muryadi.

Advertisements

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.