DI DALAM KASIH TIDAK ADA KETAKUTAN

1 Yohanes 4:18a Di dalam kasih tidak ada ketakutan: kasih yang sempurna melenyapkan ketakutan.

Satu-satunya “obat” rasa takut dan kuatir kita adalah kasih Bapa. Tidak ada yang lain. Jadi, jika kita ingin menang atas rasa takut, kita perlu mengingatkan diri kita akan betapa besar kasih Bapa atas hidup kita.

(Baca juga: PEMIMPIN TERHEBAT DI ALKITAB ADALAH SEORANG PELAYAN)

Hal-hal praktis yang dapat kita lakukan, misalnya: mengingat kesaksian hidup kita, membaca kisah pengorbanan Yesus di Alkitab, mendengarkan khotbah mengenai kasih Bapa, atau memuji menyembah Tuhan.

Ketakutan adalah hal yang nyata. Saya pun sering mengalaminya. Ada masa-masa di mana saya merasa sangat takut dan kuatir. Di saat itu terjadi, biasanya saya sulit tidur, gelisah, bahkan berkeringat deras. Namun saya tidak mau pasrah terhadap keadaan tersebut. Saya tahu bahwa Tuhan tidak memberikan roh ketakutan dan kekuatiran. Dia memberikan kita roh damai sejahtera dan sukacita.

Mungkin hari ini Anda sedang mengalami apa yang pernah saya alami. Jangan pasrah terhadap kondisi tersebut. Lakukan sesuatu yang dapat mengingatkan diri Anda akan kebaikan dan kemurahan Tuhan dalam hidup Anda.

Orangtua saya mengatakan waktu masih bayi saya sangat cengeng. Mudah menangis. Terutama jika saya tidak mendapatkan apa yang saya inginkan. Suatu hari saya menangis karena sesuatu. Saya lupa penyebabnya. Namun, pada saat istri saya memeluk saya, saya merasa begitu tenang. Masalahnya tetap ada dan harus saya hadapi, tetapi hati saya tidak lagi merasa takut.

(Baca juga: GANJARAN KERENDAHAN HATI DAN TAKUT AKAN TUHAN)

Saya rasa hal yang sama terjadi ketika kita menyadari kasih Bapa atas hidup kita. Mungkin masalahnya tidak hilang seketika, tapi hati kita menjadi teguh. Kita tidak lagi merasa sendirian menghadapi masalah kita. (penulis: @mistermuryadi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.