BERSUKACITA DI MASA SUKAR DAN KRISIS

Amsal 15:13 – Hati yang gembira membuat muka berseri-seri, tetapi kepedihan hati mematahkan semangat.

Alkitab memberikan sebuah resep ampuh untuk memiliki kehidupan yang sehat, panjang umur, dan berkemenangan yang tidak dapat dibeli di mana pun. Luar biasanya, dunia sekuler pun mengakui resep itu. Resep itu adalah SUKACITA.

(Baca juga: BERSUKACITA ADALAH SEBUAH KEPUTUSAN)

Dalam bahasa Ibrani, kata “sukacita” diterjemahkan “simkha” yang memiliki pengertian kegembiraan yang berlimpah yang dapat dilihat secara lahiriah oleh orang yang berada di sekitar. Juga dapat diartikan sebagai kegembiraan yang keluar dari dalam hati seseorang meskipun berada di saat-saat sukar dan tidak mungkin untuk bersukacita.

Dalam bahasa Yunani, kata “sukacita” menggunakan kata “khara”, yang berarti sukacita yang besar, yang tidak tertahankan, sukacita yang meluap setiap saat, dan tidak dipengaruhi oleh kondisi buruk yang ada di sekitarnya.

Rev. DR. Billy Graham dalam bukunya “Roh Kudus” menulis, “Orang-orang Kristen mula-mula adalah orang yang penuh sukacita, karena itu mereka dapat menaklukkan dunia.” Mereka mampu melalui masa-masa sukar dan krisis yang tidak menyenangkan, sebab mereka ada di dalam sukacita.

Kristen mula-mula sadar sekali bahwa Yesus yang mereka sembah bangkit dan hidup. Mereka tahu bahwa apa pun yang terjadi di dalam hidup mereka, Tuhan akan senantiasa menyertai dan menjaga mereka. Sekalipun mereka dianiaya dan menderita karena Injil, mereka tahu bahwa Yesus menjanjikan sebuah kehidupan indah di Sorga kekal. Itulah yang membuat mereka bersukacita sekalipun mengalami masa sukar dan krisis.

(Baca juga: TAMBAHKAN YANG KURANG PADA IMAN KITA)

Saya percaya Tuhan pun menjanjikan hal yang sama kepada setiap orang percaya. Itulah sebabnya kita pun perlu bersukacita sekalipun kita ada di tengah masa sukar dan krisis. Sukacita adalah suatu kekuatan yang hanya dapat kita alami jika kita percaya kepada Tuhan. Sukacita juga merupakan bukti bahwa kita percaya kepada janji-Nya. (penulis: @mistermuryadi)

= = = = =

Jika blog ini memberkati Anda, pertimbangkanlah untuk menabur. Anda dapat memberikan donasi via BCA 7340 12 6160 atau Commonwealth Bank (AUS): BSB 062239, Account Number 10 302 575 atas nama Zaldy Muryadi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.