MEMAHAMI ARTI KATA “BERTOBAT”

2 Petrus 3:9 Tuhan tidak lalai menepati janji-Nya, sekalipun ada orang yang menganggapnya sebagai kelalaian, tetapi Ia sabar terhadap kamu, karena Ia menghendaki supaya jangan ada yang binasa, melainkan supaya semua orang berbalik dan bertobat.

Ketika kita percaya kepada Yesus atau kita sering sebut dengan bertobat, bukan berarti kita tiba-tiba menjadi orang yang sempurna. Tentu ada proses yang diperlukan untuk menjadi semakin serupa dengan Kristus.

(Baca juga: PERCAYALAH, DOSA ANDA TIDAK SEBURUK ITU)

Mari kita bahas mengenai pertobatan yang Alkitab maksud.

Kata “bertobat” diambil dari bahasa Yunani “Metanoia”, yang artinya mengubah cara pikir. Berdasarkan arti itu, kita dapat memahami bahwa seseorang akan mengalami perubahan di dalam hidupnya pada saat pikirannya berubah.

Bagaimana cara pikir yang berubah dapat mengubah hidup seseorang?

Perbuatan kita sangat dipengaruhi oleh pikiran kita. Jika kita memikirkan sesuatu yang salah, akibatnya kita akan berbuat sesuatu yang salah. Itu hukumnya. Untuk menyimpulkannya, saya dapat katakan bahwa semua yang kita lakukan adalah hasil dari sesuatu yang kita pikirkan.

Saya berikan contoh. Beberapa alasan mengapa banyak orang menjauhi Tuhan ketika mereka jatuh ke dalam dosa, karena mereka berpikir Tuhan akan marah kepada mereka, mereka berpikir diri mereka kotor dan tidak layak di hadapan Tuhan. Perhatikan, pikiran-pikiran itu yang memengaruhi tindakan mereka.

Jadi jika kita berbicara mengenai pertobatan, itu lebih dari sekadar menangis dan mengakui dosa kita di hadapan Tuhan. Pertobatan berarti mengubah hal-hal yang kita masukkan ke dalam pikiran kita. Dalam hal ini kita memasukkan kebenaran Firman Tuhan ke dalam pikiran kita dengan cara membaca dan merenungkan kebenaran itu.

(Baca juga: TINDAKAN DAN UCAPAN KITA ADALAH PERNYATAAN IMAN KITA)

Itu sebabnya kehidupan orang percaya tidak dapat jauh dari Firman Tuhan, karena hanya Firman Tuhanlah yang mampu mengubahkan pikiran kita yang lama dan menggantinya dengan pikiran Kristus, sehingga karakter, tindakan, tingkah laku, dan perkataan kita semakin lama semakin seperti Kristus. (penulis: @mistermuryadi)

= = = = =

Jika blog ini memberkati Anda, pertimbangkanlah untuk menabur. Anda dapat memberikan donasi via BCA 7340 12 6160 atau CommBank (AUS): BSB 062239, Account Number 1030 2575 atas nama Zaldy Muryadi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.