BIARKAN TUHAN YANG PEGANG KENDALI HIDUP KITA

Keluaran 15:13 Dengan kasih setia-Mu Engkau menuntun umat yang telah Kautebus; dengan kekuatan-Mu Engkau membimbingnya ke tempat kediaman-Mu yang kudus.

Sepeda, kapal laut, motor, mobil, pesawat ataupun hidup kita memiliki persamaan dalam hal kendali, yaitu hanya memiliki satu kemudi. Yang artinya hanya ada satu orang yang dapat memegang kemudi.

(Baca juga: DOSA KITA TELAH DIAMPUNI DAN DILUPAKAN TUHAN)

Setidaknya ada tiga individu yang ingin mengendalikan hidup kita.

Yang pertama adalah iblis. Firman Tuhan dalam 1 Petrus 5:8 mengatakan, “Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya.” Iblis ingin mengendalikan hidup kita melalui ketakutan, kekuatiran, keraguan, dan ketidakpercayaan. Tujuan iblis mengendalikan hidup kita dicatat dalam Yohanes 10:10, yaitu untuk mencuri, membunuh, dan membinasakan.

Yang kedua adalah diri kita sendiri. Galatia 5:17 mengatakan, “Sebab keinginan daging berlawanan dengan keinginan Roh dan keinginan Roh berlawanan dengan keinginan daging, karena keduanya bertentangan …” Daging kita tidak selalu menuntun kepada yang jahat, tetapi dia suka mengajak kita kepada hal-hal yang bertentangan dengan kehendak Tuhan.

Yang ketiga adalah Tuhan. Galatia 5:24-25 mengatakan, “Barangsiapa menjadi milik Kristus Yesus, ia telah menyalibkan daging dengan segala hawa nafsu dan keinginannya. Jikalau kita hidup oleh Roh, baiklah hidup kita juga dipimpin oleh Roh …” Tujuan Tuhan ingin mengendalikan hidup kita karena Dia ingin kita menjadi sebagaimana Dia menciptakan kita, yaitu menjadi manusia yang utuh, merdeka, dan berkemenangan.

Mari kita renungkan kepada siapa kita memberikan kendali hidup kita saat ini. Saya percaya, kendali hidup kita paling tepat jika kita serahkan kepada Tuhan. Dia yang menciptakan kita, Dia tahu apa yang terbaik bagi diri kita.

(Baca juga: SEPERTI APAKAH YESUS YANG DICERITAKAN OLEH ALKITAB?)

Jika kita memberikan kendali kepada Tuhan, itu artinya kita turut ke mana pun Dia membawa kita dan turut kepada apa pun yang Dia katakan. (penulis:@mistermuryadi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.