MENGELUARKAN “MESIR” DARI ISRAEL

Keluaran 6:6 Sebab itu katakanlah kepada orang Israel: Akulah TUHAN, Aku akan membebaskan kamu dari kerja paksa orang Mesir, melepaskan kamu dari perbudakan mereka dan menebus kamu dengan tangan yang teracung dan dengan hukuman-hukuman yang berat.

Dua hari lalu kita membahas bahwa salah satu tujuan Tuhan membebaskan Bangsa Israel dari Mesir adalah supaya mereka dapat menyembah Tuhan dengan leluasa.

(Baca juga: BELAJAR DARI KEGAGALAN)

Hari ini saya ingin membahas alasan lain mengapa Tuhan membebaskan Bangsa Israel dari Mesir. Yaitu, supaya mereka menyadari bahwa identitas mereka di mata Tuhan adalah anak, bukan budak.

Seperti telah kita ketahui bahwa hanya butuh 10 hari (10 tulah) untuk mengeluarkan Israel dari Mesir, tetapi butuh 40 tahun untuk mengeluarkan “Mesir” dari Israel.

Jadi, bukan Tuhan yang menunda Israel sampai ke Tanah Kanaan. Tuhan sudah memberikan janji akan tanah yang berlimpah susu madu jauh sebelum Israel keluar dari Mesir (Keluaran 6:4-8). Justru Israellah yang menunda untuk masuk ke Tanah Kanaan, dengan berpikir bahwa hidup di Mesir itu lebih baik (Keluaran 16:2-3).

Bicara mengenai Mesir bukan hanya bicara mengenai keterikatan atau belenggu perbudakan, tetapi juga pola pikir budak. Dalam hal finansial, budak selalu berpikir, “Saya akan kekurangan jika saya memberi”, tetapi anak berpikir, “Suplai Bapa tidak akan pernah habis ketika saya memberi.” Dalam masalah, budak berpikir untuk lari dan bersembunyi, sementara anak berpikir, “Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan.” Dalam pekerjaan, budak berpikir kerja mati-matian dan banting tulang, tetapi anak berpikir masa depan pasti indah karena mendahulukan Tuhan.

(Baca juga: JIKA SESEORANG MENAMPAR PIPI KANAN ANDA, BERIKANLAH PIPI KIRI)

Tuhan sudah memberikan segala yang terbaik bagi kita ketika Dia menganugerahkan Yesus. Masalahnya, maukah kita meninggalkan “Mesir” kita menuju Tanah Kanaan? Maukah kita percaya kepada Yesus lebih dari apa yang kita lihat dan dengar? (penulis: @mistermuryadi)

= = = = =

Jika blog ini memberkati Anda, pertimbangkanlah untuk menabur. Anda dapat memberikan donasi via BCA 7340 12 6160 atau CommBank (AUS): BSB 062239, Account Number 1030 2575 atas nama Zaldy Muryadi.

2 comments

  1. Hi hagahtiday saya velum dapet email untuk hagahtoday tgl. 8/7/2019 yg biasanya saya dapet setiap jam 5 am setiap hari nya tapi hari ini tgl 8/7/2019 hagahtoday velum Di kirim.
    Saya juga ada beverapa kali mengalamo hal ini jadi tolong dilirimkan segera ya.
    Terima kasih dan tuhan berkati.
    Lina manalu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.