LATIHAN MENGUASAI DIRI

2 Petrus 1:5-6 Justru karena itu kamu harus dengan sungguh-sungguh berusaha untuk menambahkan kepada imanmu kebajikan, dan kepada kebajikan pengetahuan, dan kepada pengetahuan penguasaan diri, kepada penguasaan diri ketekunan, dan kepada ketekunan kesalehan …

Salah satu penyesatan terbesar yang iblis lakukan terhadap pikiran kita adalah dia membuat kita berpikir bahwa kita tidak memiliki kendali atas apa yang kita rasakan atau lakukan.

(Baca juga: APAKAH KEINGINAN KITA SELARAS DENGAN FIRMAN TUHAN?)

Padahal Tuhan telah memberikan kepada kita roh penguasaan diri agar kita dapat mengendalikan diri kita. Kita semua memilikinya, tetapi apakah kita menggunakannya dalam hidup kita?

Segala sesuatu yang tidak kita asah lambat laun akan tumpul. Sama seperti olahraga. Mengapa kita berolahraga secara rutin? Salah satu alasannya adalah agar menjaga tulang dan otot kita tetap kuat, dan untuk menjaga kesehatan kita.

Tuhan memberikan kita roh pengendalian diri untuk menjaga rohani, emosi, dan fisik kita tetap sehat dan kuat. Namun, kita perlu melatihnya agar semakin hari pengendalian diri kita semakin terasah.

Mulailah belajar mengendalikan diri dari hal-hal yang sederhana, misalnya berpuasa dari social media satu hari penuh dalam seminggu, melatih diri tersenyum kepada 5 orang dalam satu hari selama dua minggu penuh, atau mendoakan orang yang menyakiti kita.

(Baca juga: CARA TERBAIK UNTUK MEMULAI DAN MENGAKHIRI HARI)

Semakin sering kita berlatih, semakin terasah roh pengendalian diri di dalam hidup kita. Akibatnya, hidup kita akan lebih teratur, disiplin, dan kuat. (penulis: @mistermuryadi)

= = = = =

Jika blog ini memberkati Anda, pertimbangkanlah untuk menabur. Anda dapat memberikan donasi via BCA 7340 12 6160 atau CommBank (AUS): BSB 062239, Account Number 1030 2575 atas nama Zaldy Muryadi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.