TAHU YESUS BAIK VERSUS MENYADARI YESUS BAIK

Yohanes 13:23 Seorang di antara murid Yesus, yaitu murid yang dikasihi-Nya, bersandar dekat kepada-Nya, di sebelah kanan-Nya.

Kalau kita mencari kata “dikasihi” di keempat kitab Injil, kita akan menemukan lima ayat yang menuliskan yang murid-yang-dikasihi-Yesus, yaitu dalam Yohanes 13:23, Yohanes 19:26, Yohanes 20:2, Yohanes 21:7, dan Yohanes 21:20. Lucunya, kata-kata itu hanya terdapat di kitab Yohanes saja, tidak ada di kitab Injil lainnya.

(Baca juga: MENYADARI BAHWA TUHAN SELALU ADA BERSAMA KITA)

Anda tahu siapa murid yang paling dikasihi Yesus? Kita semua akan serempak menjawab, “Yohanes.” Namun, apakah kita tahu bahwa Yohanes sendirilah yang menulis bahwa dia adalah murid yang paling dikasihi Yesus? Hmmm …

Ada fakta menarik di balik kebenaran itu.

Tentu saja mengasihi semua murid-Nya. Yesus tidak membeda-bedakan kasih-Nya kepada semua orang. Namun Yohanes mengatakan, di kitab yang dia tulis sendiri, bahwa dia adalah murid yang paling dikasihi Yesus.

Pernyataan Yohanes menunjukkan kalau dia bukan hanya tahu bahwa Yesus mengasihi semua orang, tetapi juga menyadari bahwa Yesus sangat mengasihinya. Kasih Yesus terhadap dirinya merupakan pewahyuan yang sangat pribadi bagi Yohanes.  Hal itulah yang membuat dia mengasihi Yesus dengan sangat.

Firman Tuhan mengatakan di dalam 1 Yohanes 4:19, “Kita mengasihi, karena Allah lebih dahulu mengasihi kita.” Artinya, kita tidak mungkin dapat mengasihi Yesus kalau kita tidak menyadari terlebih dahulu betapa besar kasih-Nya kepada kita. Yohanes paham sekali kebenaran itu.

Itulah yang membuat Yohanes menjadi satu-satunya murid Yesus yang “tidak kabur” ketika Yesus ditangkap, sementara 11 murid lainnya pergi ketakutan. Yohanes ada di detik-detik kematian Yesus di Golgota. Yohanes menyaksikan secara langsung apa yang tentara Romawi dan orang-orang Yahudi lakukan terhadap-Nya.

Anda tahu apa yang membuat Yohanes dapat melakukan hal tersebut? Karena Yohanes menyadari betapa Yesus mengasihi dia dan sebagai akibatnya, Yohanes dapat mengasihi Yesus lebih dari pada murid yang lain.

(Baca juga: BERTAHAN DAN MENANG DARI TANTANGAN)

Penting bagi kita untuk menyadari bahwa kita adalah orang-orang yang dikasihi Yesus, karena hal itulah yang membuat kita dapat mengasihi Yesus. Banyak orang tahu bahwa Yesus mengasihi dunia ini, tapi sangat sedikit yang menyadari bahwa Yesus mengasihi dirinya. Bagaimana dengan Anda? (penulis:@mistermuryadi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.