LATIH DIRI KITA AGAR KITA MENJADI LEBIH BAIK

1 Korintus 9:27 Tetapi aku melatih tubuhku dan menguasainya seluruhnya, supaya sesudah memberitakan Injil kepada orang lain, jangan aku sendiri ditolak.

Saya menemukan sebuah fakta bahwa musuh terbesar penginjilan bukanlah iblis, melainkan karakter si pembawa berita Injil tidak menggambarkan Kristus yang penuh kasih dan pengampunan.

(Baca juga: APAKAH ANDA SIAP DIKRITIK?)

Rasul Paulus mengatakan, “Aku melatih tubuhku …” Kata “melatih” di situ diartikan sebagai mendisiplin, sesuatu yang dilakukan secara konsisten. Paulus tidak pernah mengatakan dia melatih tubuh orang-orang yang dia layani, sebaliknya dia melatih tubuhnya sendiri.

Seringkali kita keras terhadap orang lain, tetapi sangat penuh toleransi terhadap diri sendiri. Ketika ada seseorang berbohong kepada kita, kita sangat marah dan kecewa, dan melupakan fakta bahwa kita pun pernah membohongi orang lain. Ketika pasangan kita tidak memperhatikan, kita sakit hati, dan melupakan fakta bahwa kita pun tidak selalu memperhatikan pasangan kita.

Kita cenderung menuntut orang lain memperlakukan diri kita dengan baik, tetapi tidak mau memperlakukan orang lain dengan baik. Kita ingin orang lain yang berubah dan mengerti situasi kita, tapi terhadap diri sendiri, kita lambat berubah.

(Baca juga: LEBIH BAIK KITA MENDEKLARASIKAN IMAN KITA)

Teman, jika ada “tubuh” yang perlu latih, itu adalah “tubuh” kita sendiri, bukan orang lain. Saat bertemu dengan orang yang pemarah, kita yang perlu berlatih untuk lebih sabar. Saat bertemu dengan orang yang sulit, kita yang perlu berlatih lebih setia. Saat bertemu dengan orang yang kasar, kita yang perlu berlatih lebih lembut. (penulis:@mistermuryadi)

One comment

  1. Kita perlu mendisiplinkan hidup kita. Apa yang kita lihat buruk dari orang lain belum tentu kita bisa lebih baik melakukannya. Karena itu tidak terlalu bermanfaat membandingkan atau menuduh hidup orang lain. Justru Tuhanlah yang menjadi dasar perbuatan dan perkataan kita. Terima kasih Koh Zal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.