KITA SUDAH MEMILIKI KARAKTER-KRISTUS

Galatia 5:22-23 Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu.

Apa yang terlintas di pikiran kita pada saat kita mendengar seseorang mengatakan, “Ubah dong karakter kamu yang buruk”? Secara umum kita mungkin berpikir susah, sulit, atau bagaimana caranya.

(Baca juga: LATIH DIRI KITA AGAR KITA MENJADI LEBIH BAIK)

Jika itu yang kita pikirkan, kita sedang masuk perangkap si jahat. Iblis selalu ingin kita berpikir untuk mengusahakan segala sesuatu yang Tuhan telah berikan melalui karya salib. Efesus 1:3 mengatakan bahwa Tuhan telah mengaruniakan segala berkat rohani di dalam Sorga. Yang dimaksud dengan segala sesuatu adalah segala sesuatu. Jadi, kata “segala sesuatu” itu termasuk karakter-yang-seperti-Kristus.

Makna dari kata “kasih karunia (charis – Yunani)” bukan hanya sebatas berkat, mukjizat, keselamatan, dan kesehatan. Namun juga sukacita, suka mengampuni, penuh syukur, penuh kasih. Itu berbicara mengenai karakter. Bukankah yang tertulis dalam Galatia 5:22-23 adalah karakter yang kita inginkan? Berita sukacitanya, Tuhan sudah menganugerahkan karakter-Kristus itu di dalam roh setiap orang yang sudah LAHIR BARU.

Mungkin kita bingung terkait kata “Roh saya atau Roh Tuhan,” karena kata “Roh” dalam Galatia 5:22-23 ditulis dengan huruf “R” besar. Jangan bingung, ketika kita lahir baru, 1 Korintus 6:17 mengatakan bahwa roh kita dan Roh Tuhan menjadi SATU. Jadi, di dalam kita hanya ada satu roh. Alkitab menyebut roh-lahir-baru itu dengan berbagai istilah, seperti: manusia baru (Efesus 2:15, Kolose 3:10), ciptaan baru (2 Korintus 5:17), atau hati yang baru (Yehezkiel 36:26).

Kita adalah ciptaan baru di dalam Kristus. Kita bukan lagi si bodoh, si pendosa, atau si pemarah. Jangan hidup dengan identitas yang lama, hiduplah dengan identitas kita yang baru.

(Baca juga: FIRMAN TUHAN MULAI BEKERJA KETIKA KITA MULAI MENGUCAPKANNYA)

Hari ini ijinkan Firman Tuhan mengatakan sesuatu tentang kita, bahwa kita adalah pribadi yang penuh kasih, murah hati, baik, setia, sabar, lembut, penuh damai, dan penuh sukacita. Percaya dan hidupilah identitas kita yang baru itu. Kita sudah memilikinya di dalam Kristus. (penulis:@mistermuryadi)

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.