MATA KITA ADALAH PELITA TUBUH KITA

Filipi 3:13 Saudara-saudara, aku sendiri tidak menganggap, bahwa aku telah menangkapnya, tetapi ini yang kulakukan: aku melupakan apa yang telah di belakangku dan mengarahkan diri kepada apa yang di hadapanku.

Kita tahu bahwa pikiran kita adalah salah satu bagian terpenting di dalam hidup kita. Firman Tuhan mengatakan dalam Lukas 11:34, “Matamu adalah pelita tubuhmu. Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu, tetapi jika matamu jahat, gelaplah tubuhmu.” Kata “mata” pada ayat di atas merupakan sebuah metafora dari pikiran yang diambil dari bahasa Yunani “ophthalmos”.

(Baca juga: CARA MENGHINDARI JALAN BUNTU)

Cara mengendalikan pikiran kita itu sangat tergantung dengan apa yang kita masukkan ke dalam pikiran kita. Sungguh, kita memiliki kemampuan untuk memilih apa yang ingin kita masukkan ke dalam hati dan pikiran kita.

Misalnya saja kita sedang memikirkan sesuatu yang buruk, seperti ketakutan, kekuatiran, atau perbuatan dosa, lalu kita terus menerus memasukkan informasi mengenai hal-hal buruk di atas, jangan heran jika pikiran kita semakin negatif.

Sebaliknya, mungkin saja awalnya kita memikirkan sesuatu yang negatif, tetapi jika kita memutuskan untuk memasukkan kebenaran Firman Tuhan, pikiran kita pasti berubah. Perlahan, tapi pasti berubah. Yohanes 15:3 mengatakan hidup kita hanya dapat “dibersihkan” oleh Firman Tuhan.

(Baca juga: TUHAN MENGUKIR WAJAH KITA DI TELAPAK TANGAN-NYA)

Banyak orang mengira mereka tidak berdaya terhadap ke mana arah pikiran mereka. Padahal dengan cara mengendalikan apa yang kita masukkan ke dalam pikiran kita, kita dapat mengendalikan apa yang kita pikirkan. (penulis:@mistermuryadi)

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.