KITA DIBENARKAN KARENA IMAN, BUKAN KARENA PERBUATAN

Roma 3:28 Karena kami yakin, bahwa manusia dibenarkan karena iman, dan bukan karena ia melakukan hukum Taurat.

Selama ribuan tahun manusia mencoba hidup benar di mata Tuhan dengan cara melakukan sesuatu yang baik, mulia, dan kudus. Tujuannya sederhana, yaitu untuk mendapatkan kebaikan dan kemurahan Tuhan. Tidak sedikit orang yang menjadikan Keluaran 15:26 sebagai dasarnya.

(Baca juga: KABAR SEPERTI APA YANG KITA DENGAR MENGENAI YESUS?)

Berita buruknya adalah tidak ada seorang pun yang pernah melakukan segala sesuatu dengan sempurna dan benar di mata Tuhan. Itu sebabnya kalimat “tidak ada orang yang sempurna” tidak asing di telinga kita.

Nah, ini berita gembiranya. Kita patut bersyukur karena kita hidup di zaman kasih karunia, di mana Yesus telah datang, menderita, mengorbankan nyawa, dan bangkit bagi kita. Yesus menjadi telah menebus setiap kekurangan, kelemahan, dan ketidaksempurnaan kita. Kita dapat menarik napas lega, karena kita tidak perlu lagi melakukan sesuatu untuk dipandang benar oleh Tuhan. Seperti yang Firman Tuhan tuliskan dalam ayat di atas, kita dibenarkan karena iman, bukan karena perbuatan.

Kata “dibenarkan” diambil dari bahasa Yunani “diakioo” yang artinya dianggap benar. Pada saat kita percaya kepada Yesus sebagai satu-satunya Tuhan dan Juruselamat, kita dipandang benar oleh Bapa Sorgawi. Atau dengan kata lain, kita dipandang sempurna oleh Bapa, sebagaimana Bapa memandang Yesus.

(Baca juga: BERSUKACITA ADALAH SEBUAH KEPUTUSAN)

Saya dapat memahami betapa sulit mempercayai kabar baik di atas. Namun kebenaran itu datang dari Firman Tuhan. Jika Anda ingin menggali lebih dalam, saya sarankan untuk membaca Roma pasal 3, 4, dan 5 di sela-sela waktu luang Anda hari ini. Saya percaya Roh Kudus akan semakin membukakan kebenaran yang dahsyat itu bagi Anda. (penulis:@mistermuryadi)

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.