MUNGKIN INI FAKTOR PENENTU KEMENANGAN DAUD MELAWAN GOLIAT

1 Samuel 17:16-17 Orang Filistin itu maju mendekat pada pagi hari dan pada petang hari. Demikianlah ia tampil ke depan empat puluh hari lamanya. Isai berkata kepada Daud, anaknya: “Ambillah untuk kakak-kakakmu bertih gandum ini seefa dan roti yang sepuluh ini; bawalah cepat-cepat ke perkemahan, kepada kakak-kakakmu.

Mungkin salah satu faktor yang menentukan kemenangan Daud saat dia menghadapi Goliat adalah Daud tidak mendengar hal-hal menakutkan yang dilontarkan Goliat selama empat puluh hari.

(Baca juga: RAHASIA PAULUS DALAM MEMENANGKAN BANYAK ORANG BAGI KRISTUS)

Saya dapat membayangkan setiap hari Goliat mengatakan, “Saya hancurkan kalian semua; saya akan bunuh kalian dan keluarga kalian, lalu memberikan mayat kalian kepada burung-burung; kalian akan menjadi budak saya; tidak ada gunanya kalian melawan, lebih baik menyerah saja,” dan kata-kata merendahkan lainnya.

Mendengar hal itu, jiwa seluruh tentang Israel, termasuk Raja Saul, semakin menciut. Kekalahan menjadi semakin nyata di dalam pikiran mereka. Mereka tidak lagi ingat bahwa Tuhan ada bersama mereka dan Tuhan telah memberikan janji kemenangan kepada mereka. Yang mereka lihat dan dengar selama 40 hari membuat mereka menyakini bahwa masalah mereka sangat besar.

Namun puji Tuhan, Daud tidak membiarkan telinganya berlama-lama mendengarkan kata-kata busuk Goliat. Setelah mendengar satu kali Goliat mengatakan hal yang sama, Daud langsung memberikan reaksinya, yaitu dia memutuskan untuk menghadapi Goliat dengan nama Tuhan.

Teman, ada dua poin yang ingin saya bagikan hari ini untuk Anda.

Pertama, hindari perkataan negatif dari orang-orang di sekitar Anda. Perkataan negatif seperti kanker yang akan menjalar menghancurkan hidup Anda. Perkataan negatif hanya akan melemahkan IMAN Anda, membuat Anda lupa siapa diri Anda sesungguhnya di dalam Kristus Yesus. Kedua, saya ingin Anda untuk merespons terhadap kata-kata negatif atau situasi yang negatif. Jangan diam saja ketika seseorang mengatakan diri Anda bodoh, miskin, atau tidak mampu. Anda perlu meresponsnya dengan mengatakan, “Saya tidak bodoh, saya tidak miskin, dan saya sanggup melakukan segala hal yang mustahil di dalam Kristus.”

(Baca juga: BELAJAR BERDOA SEPERTI YESUS)

Pastikan yang Anda dengarkan adalah kabar baik, kabar tentang Yesus yang sangat mengasihi kita, yang selalu datang dengan kasih dan pengampunan, dan senantiasa mencurahkan kebaikan dan kemurahan-Nya untuk Anda. Haleluya! (penulis: @mistermuryadi)

One comment

  1. Ketika kita hidup mendengar hal-hal yang menakutkan maka perbuatan kita akan ikut menjadi takut. Dengarkan hal yang baik sesuai dengan Firman Tuhan. Maka Goliat sekalipun kita tidak akan gentar menghadapinya. Terima kasih Koh Zal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.