APA YANG YESUS MAKSUD DENGAN HARTA SORGAWI?

Ibrani 13:14  Sebab di sini kita tidak mempunyai tempat tinggal yang tetap; kita mencari kota yang akan datang.

Tidak tahu dengan Anda, tetapi selama saya menyewa rumah, saya hampir tidak pernah melakukan sesuatu yang signifikan untuk mempercantik rumah sewaan saya, seperti mengganti semua lantai atau gentengnya, memperbaharui semua pintunya, atau menambahkan satu tingkat.

(Baca juga: ALAMI SENDIRI KUASA TUHAN)

Saya rasa tidak ada orang di dunia ini yang akan mempercantik rumah sewaannya seperti itu. Alasannya sederhana, karena itu hanyalah rumah sementara. Seaindainya ada orang yang ingin mengganti semua lantai, atap, atau pintu dengan material yang bagus, orang itu akan melakukan hal itu untuk rumah barunya, bukan ke rumah sewaannya.

Seperti saya, mungkin saja Anda akan membuat rumah sementara Anda senyamanan mungkin, tapi untuk mempercantik, Anda hanya akan lakukan itu terhadap rumah milik Anda.

Saya rasa prinsip yang sama berlaku jika kita berbicara mengenai hidup kita. Kita perlu mengerti bahwa rumah kita sesungguhnya bukanlah di dunia ini. Jangan terkecoh untuk mengumpulkan harta dunia ini, karena semua itu hanya sementara.

Rasul Paulus mengingatkan kita dalam Kolose 3:2, “Pikirkanlah perkara yang di atas, bukan yang di Bumi.” Yesus katakan, “Janganlah kamu mengumpulkan harta di bumi; di bumi ngengat dan karat merusakkannya dan pencuri membongkar serta mencurinya. Tetapi kumpulkanlah bagimu harta di Sorga; di Sorga ngengat dan karat tidak merusakkannya dan pencuri tidak membongkar serta mencurinya.”

Apa itu harta Sorgawi?

Yesus menjawabnya melalui percakapan dengan seorang muda yang kaya raya dalam Lukas 18:22, “Mendengar itu Yesus berkata kepadanya: “Masih tinggal satu hal lagi yang harus kaulakukan: juallah segala yang kaumiliki dan bagi-bagikanlah itu kepada orang-orang miskin, maka engkau akan beroleh harta di sorga, kemudian datanglah ke mari dan ikutlah Aku.”

Saya menyimpulkannya begini.

Mengumpulkan harta Sorgawi artinya kita membagikan atau menceritakan Kristus kepada orang lain, entah dengan cara berbuat kebaikan, melakukan tindakan kasih, melepaskan pengampunan, termasuk memberikan waktu, tenaga, dan uang kita untuk orang dengan tujuan supaya mereka dapat mendengar tentang Kristus dan percaya kepada-Nya.

(Baca juga: KITA TIDAK KEKURANGAN APA PUN KETIKA BERSAMA TUHAN)

Jadi, harta apa yang sedang Anda kumpulkan? Harta duniawi yang akan habis dimakan ngengat atau harta Sorgawi yang membawa banyak orang semakin mendekat kepada Kristus? (penulis: @mistermuryadi)

One comment

  1. Harta kita adalah Tuhan Yesus sendiri. Di dlaamNYA kita berkelimpahan dan bersukacita. Uang hanyalah alat sementara yang ada di dunia. Ingat bahwa kita adalah anak-anakNYA. Terima kasih Koh Zal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.