SATU MASALAH, BANYAK JALAN KELUAR

1 Korintus 10:13c Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.

Tuhan yang kita sembah adalah Tuhan yang memiliki segala jawaban atas segala permasalahan kita. Adalah sifat Tuhan untuk menuntun kita dari gelap kepada terang-Nya yang ajaib. Sekalipun kita dalam lembah kekelaman, Tuhan ada di sana untuk membawa kita naik ke puncak gunung.

(Baca juga: TUHAN INGIN KITA PERGI MENCERITAKAN KABAR BAIK)

Kalimat “Pada waktu kamu dicobai …” seringkali membuat anak-anak Tuhan mengira Tuhanlah yang membawa kita masuk ke dalam pencobaan. Namun, ayat itu tidak mengatakan demikian. Justru ayat di atas menuliskan bahwa Tuhan akan melepaskan kita dari segala pencobaan.

Ayat dari Yakobus 1:13-14 mengukuhkan pernyataan di atas, “Apabila seorang dicobai, janganlah ia berkata: “Pencobaan ini datang dari Allah!” Sebab Allah tidak dapat dicobai oleh yang jahat, dan Ia sendiri tidak mencobai siapapun. Tetapi tiap-tiap orang dicobai oleh keinginannya sendiri, karena ia diseret dan dipikat olehnya.”

Suatu hari seseorang yang sedang dalam pergumulan bertanya kepada saya, “Koh Zaldy, kenapa jalan keluar yang Koh Zaldy dan beberapa hamba Tuhan sarankan untuk saya berbeda-beda? Terus terang saya jadi bingung harus mengikuti saran yang mana.”

Saya katakan kepadanya bahwa jawaban berbeda-beda dapat berarti satu masalah kita memiliki banyak jalan keluar. Namun hal pertama yang perlu kita lakukan adalah menguji jawaban atau nasihat itu, apakah jawaban yang diberikan sesuai dengan kebenaran Firman Tuhan atau tidak. Jika sesuai kebenaran Firman Tuhan, ikuti. Jika tidak, abaikan saja. Kedua, jangan mencari jawaban yang hanya menguntungkan kita. Sekali lagi, cari jawaban yang seturut Firman Tuhan. Sekalipun jawaban itu tidak mengenakan bagi Anda, lakukan. Karena jika kita percaya apa yang Firman Tuhan katakan, kita akan mendapatkan apa yang Firman Tuhan janjikan.

(Baca juga: KITA PERLU TAHU INI SEBELUM KITA BERDOA)

Teman, jalan menuju Sorga memang hanya ada satu, yaitu melalui Yesus. Namun, jalan keluar untuk menyelesaikan masalah kita di dunia ini, Firman Tuhan memiliki banyak jalan. (penulis: @mistermuryadi)

One comment

  1. Solusi yang kita miliki dalam firman Tuhan sangatlah banyak. BerkatNYA melebih masalah dan kekurangan kita. Tidak ada tempat untuk ragu dalam Firman Yesus. Terima kasih Koh Zal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.