TIGA FUNGSI ROH KUDUS DALAM KEHIDUPAN KE-KRISTENAN KITA

Yohanes 14:16-17 Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.

Kapan Roh kudus turun atas kita? Pada saat kita percaya kepada Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat pribadi kita, Roh Kudus tinggal di dalam hati kita dan menyertai kita selama-lamanya. Bahkan ketika kita jatuh dalam dosa, Roh Kudus tidak akan meninggalkan, justru DIA akan menuntun kita kembali kepada Bapa.

(Baca juga: TIDAK BISA ATAU TIDAK MAU?)

Berbeda dengan di Perjanjian Lama, Roh Kudus hanya datang dan hinggap sesekali saja (Bilangan 11:25).

Berikut tiga fungsi Roh Kudus dalam kehidupan ke-Kristenan kita:

1. MENJADIKAN KITA MILIK KRISTUS
Roma 8:9b mengatakan, “Tetapi jika orang tidak memiliki Roh Kristus, ia bukan milik Kristus.” Roh Kudus adalah tanda bahwa kita milik Kristus yang sudah ditebus melalui pengorbanan Yesus di kayu salib seperti yang dicatat dalam Efesus 1:14, “Dan Roh Kudus itu adalah jaminan bagian kita sampai kita memperoleh seluruhnya, yaitu penebusan yang menjadikan kita milik Allah, untuk memuji kemuliaan-Nya.”

2. MENJADIKAN KITA ANAK ALLAH
Galatia 4:6-7, “Dan karena kamu adalah anak, maka Allah telah menyuruh Roh Anak-Nya ke dalam hati kita, yang berseru: “ya Abba, ya Bapa!” Jadi kamu bukan lagi hamba, melainkan anak; jikalau kamu anak, maka kamu juga adalah ahli-ahli waris, oleh Allah.”

Sebagai anak, kita mewarisi semua hal yang diberikan Yesus melalui karya salib, yaitu Penebusan (1 Korintus 1:30), Kesehatan (1 Petrus 2:24), Pengampunan Dosa (Matius 26:28), Pembebasan Kutuk (Galatia 3:13), dan Kelimpahan (2 Korintus 8:9).

(Baca juga: KETENANGAN DATANG KETIKA KITA BERHARAP KEPADA TUHAN)

3. BERSAKSI TENTANG YESUS
Roh Kudus akan selalu meneguhkan ketika kita merasa tidak layak, Dia akan mengingatkan bahwa oleh darah Yesus, kita selalu dilayakkan (Kol 1:12). Jika kita sakit, Roh Kudus akan mengingatkan bahwa oleh bilur-bilur Yesus, kita sudah disembuhkan. Ketika kita merasa ada kutuk yang mengejar, Roh Kudus akan mengingatkan bahwa semua kutuk sudah ditanggung Yesus di kayu salib (Galatia 3:13) dan yang mengejar kita hari ini adalah kebaikan dan kemurahan Tuhan (Mazmur 23:6). (penulis: @mistermuryadi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.