KADANG TANTANGAN YANG BESAR MEMBUAT KITA TAKUT

1 Samuel 14:6 6 Berkatalah Yonatan kepada bujang pembawa senjatanya itu: “Mari kita menyeberang ke dekat pasukan pengawal orang-orang yang tidak bersunat ini. Mungkin TUHAN akan bertindak untuk kita, sebab bagi TUHAN tidak sukar untuk menolong, baik dengan banyak orang maupun dengan sedikit orang.”

Bangsa Israel sedang berada dalam posisi yang buruk. Bangsa Filistin datang menantang mereka dengan membawa 30 ribu kereta kuda, 6000 tentara berkuda, dan tentara berjalan kaki sebanyak pasir di tepi laut (1 Samuel 13:5).

(Baca juga: KARYA CIPTAAN TUHAN YANG PALING MAHAL)

Tentara Israel ketakutan dan mereka bersembunyi di gua-gua kecil. Hanya 600 tentara yang ada bersama-sama dengan Saul pada saat itu. Namun, Yonatan, anak Saul, tidak takut akan situasi itu. Dia mengambil mengenakan peralatan perangnya dan menantang kembali Bangsa Filistin. Hanya ada Yonatan dan bujangnya yang menantang ribuan tentara Filistin.

Dua orang itu hanya berhasil mengalahkan 20 orang, tetapi sesuatu yang luar biasa terjadi. Tuhan membuat kegentaran di hati tentara Filistin dan memberikan kemenangan besar kepada Israel (1 Samuel 14:15).

Apa pelajaran yang dapat kita ambil melalui kisah di atas?

Kadang kita membiarkan tantangan yang besar membuat kita kuatir dan takut untuk melangkah. Padahal, seringkali yang perlu kita lakukan adalah mengambil sebuah langkah iman dan Tuhan mengurus selebihnya.

(Baca juga: JANGAN MEMANDANG MASALAH KITA TERLALU TINGGI)

Ketika kita mengambil sebuah langkah iman, langkah ke mana Tuhan ingin kita pergi, Tuhan sendiri yang akan memastikan bahwa kemenangan ada di pihak kita. Dia yang akan melipatgandakan kemenangan kita saat kita berani berdiri teguh menghadapi tantangan-tantangan dalam hidup kita. (penulis: @mistermuryadi)

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.