JANGAN MENCARI KAMBING HITAM SAAT SESUATU YANG BURUK TERJADI

Yohanes 9:1-3 Waktu Yesus sedang lewat, Ia melihat seorang yang buta sejak lahirnya. Murid-murid-Nya bertanya kepada-Nya: “Rabi, siapakah yang berbuat dosa, orang ini sendiri atau orang tuanya, sehingga ia dilahirkan buta?” Jawab Yesus: “Bukan dia dan bukan juga orang tuanya, tetapi karena pekerjaan-pekerjaan Allah harus dinyatakan di dalam dia.

Sebelum kita membahas renungan hari ini, saya lampirkan terjemahan dari Message Bible, “1* Walking down the street, Jesus saw a man blind from birth. 2* His disciples asked, “Rabbi, who sinned: this man or his parents, causing him to be born blind?” 3* Jesus said, “You’re asking the wrong question. You’re looking for someone to blame. There is no such cause-effect here. Look instead for what God can do.”

(Baca juga: NAMA BAIK KITA LEBIH BERHARGA DARI KEKAYAAN)

Saya pribadi merasa pertanyaan yang sama terus berdengung sampai hari ini. Ketika ada sesuatu yang buruk terjadi, katakanlah pandemi saat ini, banyak orang terburu-buru menanyakan, “Siapa penyebabnya?” Apakah Tuhan yang mengijinkan hal ini?” Apakah ini semata-mata perang politik tingkat tinggi?”

Yesus pernah menghadapi pertanyaan serupa dari para murid ketika mereka bertemu seseorang yang buta sejak lahir. Dan, Yesus merespons, “Kalian menanyakan pertanyaan yang salah. Kalian hanya mencari kambing hitam.” “Mengapa kalian tidak mencoba memikirkan apa yang kira-kira Tuhan dapat lakukan dalam kondisi ini?”

Seringkali situasi dan kondisi yang buruk menyebabkan kita mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang salah. Pertanyaan yang salah dapat membuat kita fokus kepada hal yang salah, dan akibatnya membuat kita menarik kesimpulan yang salah.

Kita lupa bahwa Alkitab menuliskan banyak peristiwa di mana Tuhan mengintervensi kehidupan manusia ketika mereka mengalami peristiwa-peristiwa yang buruk dan Dia berusaha memulihkannya.

Tuhan mengirimkan para nabi-Nya untuk memperingati Israel dari bahaya. Tuhan membangkitkan raja dan hakim untuk membela kaum yang lemah. Tuhan sendiri datang mengambil rupa manusia untuk menebus kutuk dosa. Dan, Tuhan menyediakan Yerusalem yang baru di mana tidak ada lagi air mata dan penderitaan.

(Baca juga: BEGINI CARA YESUS MEMANDANG ORANG-ORANG YANG MENENTANG-NYA)

Hari ini, jika Anda sedang mengalami sesuatu yang buruk atau tidak mengenakan, jangan terburu-buru mencari kambing hitam. Melainkan, fokuslah kepada apa yang Tuhan dapat lakukan bagi hidup Anda. Fokuslah kepada janji-Nya. Fokuslah kepada kasih setia-Nya yang tidak akan pernah membiarkan Anda melewati pergumulan-pergumulan Anda sendiri. (penulis: @mistermuryadi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.