PADA SAAT KITA RAGU TERHADAP PRIBADI TUHAN

Yohanes 14:7 Sekiranya kamu mengenal Aku, pasti kamu juga mengenal Bapa-Ku. Sekarang ini kamu mengenal Dia dan kamu telah melihat Dia.

Banyak orang seringkali gagal memahami karakter Tuhan. Ada yang mengira Tuhan itu pemarah dan suka menghukum karena beberapa peristiwa yang mengindikasikan hal itu. Sementara, Alkitab juga mengatakan Tuhan penuh kasih sayang, gembala yang baik, dan sangat mengasihi manusia. Hal itu terkadang menimbulkan kebingungan.

(Baca juga: ARTI KATA ‘KASIH’ DALAM BAHASA IBRANI)

Tidak dapat dipungkiri bahwa pemahaman kita yang terbatas mengenai Tuhan seringkali membuat kita salah mengartikan pribadi Tuhan. Itu sebabnya, supaya kita tidak gagal paham tentang Tuhan, Yesus mengatakan, “Kalau kamu melihat Aku, kamu juga melihat Dia; kalau kamu mengenal Aku, kamu juga mengenal Dia yang telah mengutus Aku.”

Ibrani 1:3 mengatakan bahwa Yesus adalah cahaya kemuliaan Tuhan dan gambar wujud Tuhan. Semua hal yang Yesus lakukan, ucapkan, dan tunjukkan merupakan gambaran sempurna tentang sosok Tuhan.

Jika ada satu atau dua peristiwa yang kita baca di dalam Alkitab dan menimbulkan keraguan kita akan pribadi Tuhan, lihatlah kembali kehidupan Yesus. Karena mungkin kita salah menafsirkan cerita yang kita baca sehingga kita keliru menilai tentang Tuhan.

(Baca juga: KABAR SEPERTI APA YANG KITA DENGAR MENGENAI YESUS?)

Jika Yesus tidak pernah menjauhi orang berdosa, itu artinya Tuhan juga tidak pernah menjauhi orang berdosa. Jika Yesus tidak pernah mengijinkan penyakit terjadi, itu artinya Tuhan juga demikian. (penulis: @mistermuryadi)

3 comments

  1. Mengapa ragu terhadap pribadi Tuhan Yesus Yang Sempurna? Yang penting dengan kerendahan hati kita akui kedunguan kita, yang seperti hewan di dekat Tuhan Yesus, maka PengurapanNya yang ada pada kita terus menerus mengajar kita mengenal Dia dengan roh hikmat dan wahyu (Maz 73:22-24; Yes 61:1; I Yoh 2:27; Yeremia 31:33-34; Efs 1:17) sehingga tidak perlu orang lain mengajar kita dengan mengatakan: Kenallah Tuhan Yesus!

  2. Jangan bingung mengenal sifat Tuhan. Di Alkitab kita mengenal Yesus adalah orang yang mengasihi dan menebus hidup kita. Di kehidupanNYA terlihat bahwa Yesus datang ke bumi untuk kita. Agar kita bisa hidup bebas dari dosa di bumi dan di surga. Terima kasih Koh Zal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.