BERSATU KITA TEGUH, BERCERAI KITA RUNTUH

Roma 12:4-5 Sebab sama seperti pada satu tubuh kita mempunyai banyak anggota, tetapi tidak semua anggota itu mempunyai tugas yang sama, demikian juga kita, walaupun banyak, adalah satu tubuh di dalam Kristus; tetapi kita masing-masing adalah anggota yang seorang terhadap yang lain.

Jika berbicara mengenai kumpulan orang percaya, saya teringat dengan masa-masa sekolah dulu saat sering bertemu dengan anak-anak sekolah yang tawuran. Anak-anak sekolah yang gemar tawuran tahu sekali hukum dasar dalam tawuran, yaitu mereka akan jauh lebih aman dan kuat jika mereka bersama-sama.

(Baca juga: MEMAHAMI ARTI NAMA NUH)

Rasul Paulus membuat sebuah ilustrasi yang sangat cerdas terkait gereja Tuhan. Dia mengumpamakan gereja (tubuh) sebagai kumpulan orang yang percaya kepada Kristus. Di dalam sebuah tubuh, ada anggota-anggota yang terlihat, seperti wajah, tangan, atau kaki seseorang, juga yang tidak terlihat seperti paru-paru, jantung, hati, atau lambung. Semua anggota tubuh itu dapat bekerja maksimal ketika mereka bekerja sebagai satu kesatuan, seperti gerombolan tawuran yang saya tuliskan di atas.

Tubuh tidak akan berfungsi dengan baik jika ada salah satu anggota tubuh yang “memisahkan diri”, atau dengan kata lain, tidak bekerja dengan baik.

Di dalam gereja, seperti kita tahu ada orang-orang yang dianugerahi untuk melayani sebagai pelayan panggung, usher, multimedia, helps, sound system, guru sekolah minggu, dan lain sebagainya. Semua peran itu penting, dan ketika semua bagian bekerja bersama, kuasa dan kasih Tuhan dinyatakan (Efesus 1:21-22), sehingga alam maut tidak akan menguasai gereja Tuhan (Matius 16:18).

(Baca juga: JANGAN LARUT DALAM KESEDIHAN)

Itu sebabnya hari ini saya ingin meneguhkan kita semua bahwa kehadiran kita, teladan kita, pemberian kita, dan pelayanan kita, sebesar atau sekecil apa pun di dalam tubuh Kristus sangatlah penting. Ketika kita melakukannya bersama-sama sebagai satu tubuh, kita akan dapat berjalan lebih jauh, bekerja lebih cepat, dan menyelesaikan lebih banyak. (penulis: @mistermuryadi)

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.