MEMILIKI PIKIRAN DAN PERASAAN YANG BERSIH

Filipi 2:5 Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama, menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus ...

Tentu adalah harapan setiap orang untuk memiliki pikiran dan hati yang bersih. Kita ingin melihat seperti Kristus melihat dan merasa apa yang Yesus rasakan. Namun, pada praktiknya, hal itu sulit.

(Baca juga: JANGAN TERBURU-BURU MENGAMBIL KEPUTUSAN EKSTRIM)

Baiklah, kita harus hadapi fakta ini jika kita ingin menjadi pengikut Kristus. Hal di atas sulit karena memang hal itu tidak terjadi dengan sendirinya. Kita lahir di dunia yang rusak dan dikelilingi oleh banyak hal negatif yang memengaruhi hidup kita. Jadi, kecenderungan kita adalah memiliki pikiran dan perasaan yang jauh dari Kristus.

Namun, bukan berarti hal itu tidak dapat kita ubah. Bukan berarti kita harus pasrah terhadap keadaan pikiran dan perasaan kita. Setidaknya, ada empat hal yang ingin saya sampaikan hari ini untuk membantu setiap kita memiliki pikiran dan perasaan yang bersih.

  1. Putuskan ke mana kita ingin berikan komitmen kita. Jika kita ingin berkomitmen kepada Kristus, maka kita perlu tetapkan di dalam hati kita bahwa Dia dan kebenaran-Nya akan menjadi prioritas utama kita di atas segalanya.

2. Biarkan Firman Tuhan bekerja. Seringkali kita hanya menganggap Firman Tuhan sebagai salah satu pilihan, bukan satu-satunya pilihan. Sehingga, ketika ada pemikiran lain yang menurut kita lebih menguntungkan, kita memilih untuk mengabaikan kebenaran. Kita perlu membiarkan Firman Tuhan bekerja di dalam hidup kita jika kita ingin memiliki pikiran dan perasaan yang bersih.

3. Rendah hati untuk mengakui hal yang salah. Seperti saya tuliskan di atas, bahwa setiap kita lahir di dunia yang rusak dan banyak dipengaruhi hal negatif. Jadi, wajar kalau banyak hal yang keliru di dalam hidup kita. Untuk memiliki pikiran dan perasaan yang bersih, kita perlu cukup rendah hati untuk mengakui bahwa kita keliru dan cara kita tidak selalu benar. Berhenti membela diri jika sudah tahu bahwa kita salah.

(Baca juga: KATAKAN TIDAK KEPADA JALAN PINTAS)

4. Cari kebenaran bagi diri kita. Kita tidak akan bangun tidur dan tiba-tiba mengerti kebenaran Firman Tuhan. Kita perlu mencari dan menggalinya setiap hari. Banyak orang Kristen sering mendengar khotbah, tetapi tidak pernah benar-benar membaca dan merenungkan Firman Tuhan secara pribadi. Kita perlu meluangkan waktu untuk mencari kebenaran, lalu percayai hal itu, dan aplikasikan di dalam hidup kita. (penulis: @mistermuryadi)

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.