MELIHAT DIRI KITA SEPERTI TUHAN MELIHAT KITA

Hakim-Hakim 6:11-12 Kemudian datanglah Malaikat TUHAN dan duduk di bawah pohon tarbantin di Ofra, kepunyaan Yoas, orang Abiezer itu, sedang Gideon, anaknya, mengirik gandum dalam tempat pemerasan anggur agar tersembunyi bagi orang Midian. Malaikat TUHAN menampakkan diri kepadanya dan berfirman kepadanya, demikian: "TUHAN menyertai engkau, ya pahlawan yang gagah berani." 

Salah satu hal yang saya pelajari mengenai Tuhan adalah Tuhan melihat kita sebagaimana Dia menciptakan kita, bukan sebagaimana kita melihat diri kita sendiri. Saat Tuhan memanggil Gideon, Gideon sedang bersembunyi ketakutan dari orang Midian. Namun, malaikat Tuhan menghampiri Gideon dan memanggilnya, “Pahlwan yang gagah berani.”

(Baca juga: MARI KITA HAFALKAN MAZMUR 23 DAN 91)

Mungkin hari ini ada di antara kita yang melihat diri kita sebagai orang yang tidak mampu, tidak berguna, tidak sepintar orang-orang lainnya, dan memiliki banyak kekurangan. Namun, hari ini, saya ingin meyakinkan kita semua bahwa Tuhan tidak memandang kita demikian. Dia memandang kita sebagaimana Dia menciptakan kita, yaitu kita berharga, mulia, memiliki tujuan hidup yang besar, dan dikasihi.

Ketika Firman-Nya mengatakan kita adalah kepala, bukan ekor, aminkan hal itu. Ketika Firman-Nya mengatakan bahwa kita sanggup mendoakan musuh kita dan mengampuni orang yang bersalah kepada kita, aminkan itu. Ketika Firman Tuhan mengatakan bahwa kita adalah orang-orang yang murah hati, aminkan itu.

(Baca juga: BERHENTILAH MEMBUANG-BUANG TENAGA DAN PIKIRAN KITA)

Marilah kita belajar melihat diri kita seperti Tuhan melihat kita. Hal itu tidak terjadi dalam semalam. Kita perlu secara konsisten membaca dan mendengar perkataan Tuhan mengenai diri kita. Salah satunya adalah dengan merenungkan kebenaran Firman Tuhan. (penulis: @mistermuryadi)

One comment

  1. Mungkin masalah yang kita alami sekarang menggambarkan hidup kita yang gagal dan tidak berbuah, tetapi ingat identitas kita di mata Tuhan. Renungkan FirmanNYA dan hidup di dalamNYA. Terima kasih Koh Zal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.