MENANG ATAS KRISIS: LIHATLAH KESELAMATAN DARI TUHAN (bagian 03)

Keluaran 14:13 Tetapi berkatalah Musa kepada bangsa itu: “Janganlah takut, berdirilah tetap dan lihatlah keselamatan dari TUHAN, yang akan diberikan-Nya hari ini kepadamu; sebab orang Mesir yang kamu lihat hari ini, tidak akan kamu lihat lagi untuk selama-lamanya.

Ini adalah hari ketiga kita membahas mengenai cara menang atas krisis. Satu fakta yang pasti, bahwa selama kita hidup di dunia, kita tidak dapat menghindari masalah. Bukan Tuhan yang memberikan atau pun mengijinkan masalah itu, Yakobus 1:14 katakan, “Manusia dicobai oleh keinginannya sendiri, karena ia diseret dan dipikat olehnya.” Itu artinya, masalah muncul ketika hati kita terpikat oleh sesuatu selain Tuhan dan kebenaran-Nya.

(Baca juga: CARA MENGATASI KRISIS: BERDIRILAH TETAP (bagian 02))

Jika hati kita terarah sepenuhnya kepada Tuhan dan kebenaran-Nya, kita akan berpijak dari satu kemenangan kepada kemenangan yang lebih besar.

Saya berikan satu fakta dan saya harap fakta ini tidak membuat kita tertuduh, karena bukan itu tujuan saya. Saya hanya bermaksud mengutarakan kebenaran. Kondisi buruk yang terjadi di dalam hidup kita adalah akibat salah satu dari dua hal ini: Kita tidak membuat keputusan berdasarkan Firman Tuhan atau karena kita mengabaikan mencari kebenaran Firman Tuhan sebelum membuat keputusan. Sederhananya, jika kita memutuskan sesuatu berdasarkan kebenaran Firman Tuhan, kita pasti mendapatkan hasil yang dijanjikan oleh Firman Tuhan.

Itu sebabnya Tuhan berkata kepada Bangsa Israel, “LIHATLAH KESELAMATAN DARI TUHAN.” Kita bisa saja berusaha selamat dengan cara sendiri, tapi hasil akhirnya pasti tidak akan sebaik ketika kita berusaha selamat dengan cara TUHAN.

Kata “LIHATLAH” dalam ayat di atas diambil dari bahasa Ibrani ra’a yang artinya sadarilah, pikirkanlah, renungkanlah, dan pandanglah. Jadi, bukan hanya melihat sambil lalu, melainkan mem-fokus-kan seluruh perhatian dan pikiran hanya kepada Tuhan dan mendahulukan kebenaran-Nya.

Setiap kita butuh Firman Tuhan setiap hari. Tidak cukup hanya sesekali membaca dan merenungkan Firman Tuhan, atau lebih parahnya baru mencari Firman Tuhan ketika sudah dalam masalah besar.

(Baca juga: MENYEMBAH TUHAN, BUKAN CIPTAAN TUHAN)

Mari bangun kebiasaan untuk bergantung kepada Firman Tuhan jauh sebelum masalah datang, sehingga kita tahu bagaimana cara mengatasi ketakutan, keraguan, dan kekuatiran kita. Semakin sering kita membaca dan merenungkan Firman Tuhan, semakin banyak hikmat, kekuatan, dan jalan keluar yang kita dapatkan untuk mengatasi masalah-masalah kita. (penulis: @mistermuryadi)

One comment

  1. Firman Tuhan yang kita pegang dalam hidup sangat besar dampaknya ketika kita menghadapi masalah. Kepada siapa kita bergantung akan memberikan dampak atas keputusan yang kita ambil. Ingat masalah datang bukan dari Tuhan, melainkan manusia. Dari Tuhanlah perlindungan dan kemenangan kita. Terima kasih Koh Zal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.