APA ITU ALKITAB?

Alkitab merupakan salah satu buku yang paling berpengaruh di dunia. Menjelaskan pertanyaan-pertanyaan besar mengenai kehidupan. Buku ini menginspirasi banyak orang untuk melakukan hal-hal yang besar, sekaligus membuat orang kebingungan untuk memahaminya. Mungkin hal serupa juga terjadi bagi hidup Anda.

Jadi, apa itu Alkitab? Alkitab merupakan sebuah perpustakaan kecil berisi buku-buku yang menuliskan sejarah Bangsa Israel kuno. Jika dibaca sepintas, buku-buku itu seperti kebanyakan buku sejarah lainnya. Namun, jika kita membacanya dengan seksama, kita akan menemukan banyak perbedaan yang menakjubkan dibandingkan buku-buku mengenai sejarah kuno lainnya.

Salah satunya adalah mengenai keberadaan para nabi. Mereka melihat cerita mengenai Bangsa Israel sebagai sesuatu yang supranatural. Mereka melihat Bangsa Israel sebagai bagian penting dari apa yang Tuhan rencanakan bagi seluruh umat manusia. Dan, para nabi itu sangat jenius. Mereka pintar dalam menulis narasi dan puisi. Mereka juga sangat ahli dalam menyampaikan metafora dan cerita. Mereka menggunakan semua itu untuk mengeksplorasi pertanyaan-pertanyaan sulit mengenai kematian, kehidupan, dan pergumulan manusia.

Ada begitu banyak penulis di dalam Perjanjian Lama dan semua teks itu diproduksi dalam rentang waktu ribuan tahun. Dimulai dari sejarah awal Bangsa Israel di Mesir, berlanjut pada kisah-kisah kerajaan mereka dan Bait Suci pertama mereka. Namun sayangnya, mereka ditaklukkan oleh Kerajaan Babilonia, yang membuat mereka masuk ke dalam pembuangan. Lalu, pada bagian terpenting sejarah mereka, banyak di antara orang Israel yang kembali ke tanah kelahiran mereka dan membangun Bait Suci kedua. Mereka mulai membangun kembali identitas mereka sebagai sebuah bangsa dan pada saat itulah Perjanjian Lama mulai terbentuk.

Di dalam bahasa aslinya, Perjanjian Lama disebut TaNaKh (note: Bahasa Ibrani tidak mengenal huruf hidup/vokal. Huruf hidup ditambahkan supaya kita, yang bukan orang Yahudi, dapat membacanya).

Huruf “T” merupakan kepanjangan dari torah, yang artinya hukum. Semua itu ada di lima buku pertama Perjanjian Lama (Kejadian, Keluaran, Imamat, Bilangan, dan Ulangan). Huruf kedua “N” kepanjangaan dari nevi’im, yang artinya, para nabi. Pada bagian ini dituliskan sejarah Bangsa Israel dari sudut pandang para nabi. Dan, huruf “K” kepanjangan dari ketuvim, yang artinya adalah kumpulan tulisan. Ini merupakan campuran dari buku berisi puisi (Mazmur, Amsal, dan Ayub), hikmat (Kidung Agung, Ruth, Ratapan, Pengkhotbah, Ester), dan cerita (Daniel, Ezra-Nehemia, 1 dan 2 Tawarikh). Orang-orang Yahudi percaya bahwa melalui semua tulisan itu Tuhan berbicara kepada mereka.

Secara keseluruhan, tulisan-tulisan di dalam Perjanjian Lama menceritakan bagaimana Tuhan bekerja melalui Bangsa Israel untuk membawa perubahan dan keindahan bagi dunia yang kacau. Cerita itu diakhiri dengan dengan sebuah janji bahwa akan datang seseorang yang akan menjadikan segalanya baru.

Beberapa abad kemudian, lahirlah seseorang bernama Yesus. Dia mengklaim bahwa Dia akan menggenapi Tanakh.

Yesus melakukan banyak hal hebat, lalu Dia mati disalibkan, tetapi para pengikut-Nya bersaksi bahwa Dia bangkit dari kematian.

Mereka mengatakan Yesus adalah seseorang yang telah lama dinantikan yang akan merestorasi dunia. Para pengikut awal Yesus itu dikenal dengan sebuah Para Rasul. Mereka menuliskan banyak kisah mengenai Yesus. Mereka menyebutnya sebagai kabar baik, atau Injil. Mereka juga menulis buku Kisah Para Rasul yang merupakan kumpulan aksi bagaimana mereka menyebarkan kabar mengenai Yesus kepada orang-orang bukan Yahudi sampai ke penjuru dunia.

Para Rasul menulis kisah-kisah itu sebagai bagian (satu kesatuan) dan kelanjutan dari kisah-kisah luar biasa yang ada di dalam Tanakh. Mereka juga percaya bahwa Tuhan berbicara kepada orang-orang yang mengikuti Yesus melalui tulisan-tulisan mereka.

Itulah ringkasan pendek mengenai Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru yang kita miliki hari ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.