ANAK TUHAN HIDUP DENGAN CARA TUHAN

1 Yohanes 2:17 Dan dunia ini sedang lenyap dengan keinginannya, tetapi orang yang melakukan kehendak Allah tetap hidup selama-lamanya.

Sejak kita percaya Yesus, benar kita adalah ciptaan yang baru. Namun, kita masih tetap hidup di dunia, tetapi kita tidak hidup seperti dunia. Firman Tuhan mengatakan kita adalah warga negara Kerajaan Sorga. Tuhan memberikan identitas yang baru bersamaan saat kita percaya dan mengakui Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat.

(Baca juga: TUHAN DAPAT MEMAKAI KETERBATASAN HIDUP KITA)

Sebagai warga negara Sorga, kita tentunya perlu hidup sesuai dengan nilai-nilai Kerajaan Sorga, bukan kerajaan dunia ini. Kita perlu mengerti batas-batasnya.

Sama seperti jika kita bepergian ke sebuah negara lain. Meski jiwa dan tubuh kita berada di dalam negara itu, tetapi kita bukanlah warga dari negara itu.

Ayat di atas membeberkan sebuah perbedaan penting antara warga negara dunia dengan warga negara Sorga yang patut kita cermati. Dikatakan, warga negara dunia lenyap dengan segala keinginannya, sementara warga negara Sorga tinggal di dalam kebenaran Firman Tuhan. Warga negara Sorga ada di dunia ini, tetapi mereka hidup melakukan kehendak Tuhan dan tinggal di dalam kebenaran.

Tentu saja kita yang hidup dalam kehendak Tuhan akan hidup selama-lamanya, karena kita tidak turut dengan arus dunia ini. Kita mengalami masalah, tetapi kita menyelesaikannya dengan cara yang benar. Kita menghadapi tekanan, tetapi kita mengatasinya dengan cara Tuhan. Kita disakiti, ditipu, dan diperlakukan tidak adil, tetapi kita merespons dengan kasih.

(Baca juga: MENGHADAPI TANTANGAN ITU TIDAK MUDAH, TAPI BUKAN TIDAK MUNGKIN)

Saya suka bagaimana Rasul Paulus menuliskan pengalaman pribadinya mengenai apa yang saya tuliskan di atas dalam 2 Korintus 4:8-9, “Dalam segala hal kami ditindas, namun tidak terjepit; kami habis akal, namun tidak putus asa; kami dianiaya, namun tidak ditinggalkan sendirian, kami dihempaskan, namun tidak binasa.” (penulis: @mistermuryadi)

One comment

  1. Tujuan hidup kita berbeda dengan tujuan hidup dunia ini. Ingat apa yang Firman Tuhan katakan tentang identitas kita di dunia ini. Yang kita hidupi sekarang adalah sementara. Sedangkan kehidupan kekal akan datang setelah kita pulang ke sorga. Terima kasih Koh Zal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.