YANG KITA BUTUHKAN BUKAN HANYA SANDANG, PANGAN, DAN PAPAN

Matius 4:4 Tetapi Yesus menjawab: “Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah.”

Saya ingat di sekolah dulu saya diajarkan bahwa kebutuhan dasar manusia adalah sandang, pangan, dan papan. Sampai besar, saya mengira bahwa ketiga hal tersebut adalah tiga hal yang paling saya butuhkan di dalam hidup saya. Hal itu membuat saya, dan mungkin juga Anda, kerap kali mengejar dan menjadikannya prioritas.

(Baca juga: MARI KITA GENGGAM TANGAN TUHAN SEMAKIN ERAT)

Tidak salah untuk mengatakan bahwa kita membutuhkan sandang, pangan, dan papan. Sebagai manusia, kita memang membutuhkan itu. Namun perlu kita sadari bahwa hal-hal itu hanya dapat memenuhi kebutuhan fisik kita saja. Sedangkan, Tuhan menciptakan kita lebih dari sekadar makhkluk fisik. Kita juga memiliki jiwa dan roh.

Sebagai makhkluk yang memiliki jiwa dan roh, tentu yang kita butuhkan bukan hanya uang, pakaian, dan tempat tinggal, tetapi juga kita memerlukan hikmat, damai sejahtera, sukacita, kekuatan, perasaan aman, pikiran yang positif, dan lain sebagainya.

Tidak sedikit orang yang sudah terpenuhi segala kebutuhan fisiknya, tetapi hidup dalam tekanan, ketakutan, dan kekuatiran.

Yang ingin saya sampaikan hari ini adalah kita juga perlu giat mengejar hal-hal yang dibutuhkan oleh jiwa dan roh kita, yang hanya dapat kita temukan di dalam hubungan kita dengan Yesus dan kebenaran-Nya.

Tidak ada yang salah memiliki pekerjaan tambahan untuk mendapatkan tambahan penghasilan. Ada keluarga yang perlu kita hidupi, ada kebutuhan hidup yang perlu kita adakan. Saya mengerti itu, saya pun melakukannya.

(Baca juga: TEMUKAN DAMAI SEJAHTERA SEJATI DI DALAM YESUS)

Namun pertanyaannya, apakah sebesar itu juga pengorbanan kita dalam mengejar damai sejahtera, sukacita, dan hikmat Tuhan? Apakah sebesar itu juga pengorbanan kita untuk meluangkan waktu bersekutu dengan Tuhan dan Firman-Nya? (penulis: @mistermuryadi)

= = = = =

Jika blog ini memberkati Anda, pertimbangkanlah untuk menabur. Anda dapat memberikan donasi via BCA 7340 12 6160 atau CommBank (AUS): BSB 062239, Account Number 1030 2575 atas nama Zaldy Muryadi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.