MEMAHAMI ARTI KATA “KUDUS” DALAM ALKITAB

Imamat 20:26 Kuduslah kamu bagi-Ku, sebab Aku ini, Tuhan, kudus dan Aku telah memisahkan kamu dari bangsa-bangsa lain, supaya kamu menjadi milik-Ku.

Apa yang terlintas di benak Anda mendengar kata “kudus”? Sebuah kota di Jawa Tengah? Seseorang yang kerjanya hanya berdoa dan membaca Alkitab? Pelayan Tuhan yang tidak bercacat cela? Tanpa disadari, sebagian kita mungkin memiliki definisi sendiri tentang kata “kudus”.

(Baca juga: SERINGKALI CARA TUHAN BEKERJA TIDAK SEPERTI YANG KITA PIKIRKAN)

Dalam bahasa Ibrani, kata “kudus” (qadosh) memiliki arti terpisah atau tidak tercampur dengan yang lain.

Berbicara tentang hidup kudus di dalam Tuhan berarti berbicara mengenai memisahkan hidup kita bagi Tuhan. Memisahkan diri dari apa? Memisahkan diri dari segala sesuatu yang menghalangi hubungan kita dengan Tuhan. Bagi beberapa orang, mungkin dosa adalah penghalang hubungan pribadi mereka dengan Tuhan, tetapi bagi beberapa lainnya mungkin penghalang itu berupa pekerjaan, harta, hobi, kesibukan, dan lain sebagainya.

Tuhan ingin kita hidup kudus. Dia ingin kita memisahkan diri dari dunia ini. Namun perlu kita mengerti, memisahkan diri yang dimaksud bukan menjadi eksklusif atau mengisolasi diri dari dunia. Memisahkan diri yang dimaksud adalah hidup memihak kepada Tuhan dan kebenaran-Nya. Ketika ada pilihan untuk mengikuti arus dunia, kita teguh berdiri di atas kebenaran.

(Baca juga: HIDUP ADALAH SEBUAH PERJALANAN YANG PANJANG)

Itulah alasan mengapa Firman Tuhan menyebut orang percaya sebagai orang-orang kudus (Roma 1:7, Efesus 1:1, Efesus 4:12, Kolose 1:12, 2 Tesalonika 1:10), karena kita adalah orang-orang yang memisahkan diri dari dunia dan memilih hidup untuk Tuhan dan berdasarkan kebenaran-Nya. Kita ada di dunia, tetapi kita tidak turut dunia. (penulis: @mistermuryadi)

= = = = =

Jika blog ini memberkati Anda, pertimbangkanlah untuk menabur. Anda dapat memberikan donasi via BCA 7340 12 6160 atau CommBank (AUS): BSB 062239, Account Number 1030 2575 atas nama Zaldy Muryadi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.