“APAKAH SAYA AKAN DISELAMATKAN ATAU DIHUKUM?”

2 Tesalonika 2:12 supaya dihukum semua orang yang tidak percaya akan kebenaran dan yang suka kejahatan.

Mungkin pada satu waktu kita pernah menanyakan hal ini di dalam hati kita, “Jika Yesus datang, apakah saya akan diselamatkan atau dihukum?”

(Baca juga: KITA BUKAN LAGI BUDAK, MELAINKAN ANAK)

Satu hal yang pasti bahwa satu-satunya tiket supaya kita diselamatkan adalah percaya kepada Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat. Dia mati dan bangkit di hari yang ketiga. Ya, Yesus adalah jaminan keselamatan kita.

Firman Tuhan mengatakan yang akan dihukum adalah orang-orang yang tidak percaya kepada kebenaran. Kata “kebenaran” di sini merujuk kepada Yesus, yang adalah jalan, kebenaran, dan hidup.

Jadi, satu-satunya dosa yang akan dihukum di akhir zaman, yaitu dosa tidak percaya kepada Yesus.

Kemudian ayat di atas dilanjutkan dengan, ” … dan yang suka kejahatan.” Mungkin kita berkata, “Nah, itu bagaimana? Katanya syarat diselamatkan hanya percaya Yesus. Itu buktinya Firman Tuhan mengatakan bahwa orang-orang yang jahat juga akan dihukum.”

Tunggu sebentar, mari kita gali lebih dalam mengenai kalimat itu.

Di dalam versi bahasa Inggris, King James, ayat di atas berbunyi, “That they all might be damned who believed not the truth, but had pleasure in unrighteousness.” Jadi, ada dua jenis orang jahat di dunia ini: orang jahat yang ingin berubah dan orang jahat yang menikmati kejahatannya. Saya percaya gereja adalah kumpulan orang-orang berdosa dan jahat yang ingin berubah.

Ayat di atas sekaligus merupakan sebuah pernyataan sebab akibat. Jika kita tidak percaya Yesus, kita akan cenderung berbuat dosa. Saya berikan contoh. Jika kita tidak percaya bahwa Tuhan sanggup memberkati kita, kita akan memiliki kecenderungan untuk mencuri, korupsi, atau menghalalkan segala cara untuk kaya. Jika kita tidak percaya bahwa Tuhan sanggup memulihkan, kita akan cenderung sakit hati dan kepahitan. Akar dari dosa dan perbuatan jahat sangat sederhana, yaitu karena tidak percaya kepada Yesus.

Orang-orang yang percaya kepada Yesus hidupnya pasti berubah. Semakin hari menjadi semakin baik. Ya, mungkin saja hari ini masih ada perbuatan jahat yang kita lakukan, tapi jangan takut, ketika kita semakin mendekat kepada Yesus, hidup kita akan semakin diubahkan.

(Baca juga: DENGARKANLAH KRITIK YANG MEMBANGUN)

Ingat, Sorga adalah bagian kita. Janji Tuhan bagi orang-orang yang percaya kepada Yesus. Jangan ragukan keselamatan kita di dalam Kristus, karena Dia menjaminnya dengan darah yang mahal. (penulis: @mistermuryadi)

One comment

  1. Kita telah diselamatkan dan terbebas dari hukuman. Penebusann Yesus melayakan kita untuk masuk sorga. Apa yang kita imani telah menyelamatkan kita. Terima kasih Koh Zal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.