TULISAN YHWH DI KAYU SALIB

Bahan renungan:

Yohanes 19:20 Banyak orang Yahudi yang membaca tulisan itu, sebab tempat di mana Yesus disalibkan letaknya dekat kota dan kata-kata itu tertulis dalam bahasa Ibrani, bahasa Latin dan bahasa Yunani.

Kalau Anda percaya sebuah kebetulan benar-benar hanya sebuah kebetulan, Anda perlu berpikir sekali lagi. Untuk segala yang baik di dunia ini tidak ada yang kebetulan, karena TUHAN katakan DIA telah merancangkan hari-hari kita sebelum ada satu pun terjadi.

Saya sangat percaya apa yang terjadi di dalam hidup YESUS tidak ada yang kebetulan. Semua terjadi karena rencana yang sempurna dari BAPA di Sorga. Mulai dari ketika malaikat menampakan dirinya kepada Maria memberitakan kabar mengenai kelahiran seorang Mesias, sampai detil kematian YESUS di atas kayu salib.

Ketika Yesus disalibkan ada papan bertuliskan kata-kata dalam tiga bahasa tergantung di atas kepala YESUS. Di Indonesia, tulisan di atas kepala YESUS hanya dikenal dengan INRI saja. Padahal dalam renungan kita di atas, ada tiga bahasa, yaitu: bahasa Ibrani, Latin, dan Yunani.

INRI adalah tulisan dalam bahasa latin yang kepanjangannya Iēsus Nazarēnus Rēx Iūdaeōrum, artinya Yesus, orang Nazaret, Raja orang Yahudi. Kata-kata ini sebenarnya dipakukan di atas kepala YESUS sebagai ejekan untukNYA.

Pada umumnya, orang tidak tahu apa tulisan dalam bahasa Yunani dan Ibrani yang dituliskan di atas kepala YESUS. Dalam bahasa Ibrani tulisan “Iēsus Nazarēnus Rēx Iūdaeōrum” berbunyi Yeshua Hanazarei Vemelekh Hayhudim. Jika Anda menyingkat tulisan dalam bahasa Ibrani tersebut Anda akan menemukan singkatan YHVH (huruf V dan W di dalam bahasa Ibrani dianggap sama) yang merupakan nama TUHAN orang Israel, yaitu Yahweh.

Inilah alasan imam-imam kepala orang Yahudi marah (Yohanes 19:21) dan mereka meminta Pilatus mengganti tulisan itu dengan “Ia mengatakan: Aku adalah Raja orang Yahudi”, yang tentu saja alasan sebenarnya karena ingin menghapus kata YHVH. Dan Pilatus, yang tidak tahu menahu mengenai makna tulisan itu bersikeras tidak menggantinya (ayat 22). Yesus hari itu tergantung di atas kayu salib dengan kata YHVH terpampang di depan semua orang. Jika Anda berpikir hal ini sebuah kebetulan, sungguh ini seperti kebetulan yang direncanakan dengan sangat matang.

Teman, yang saya ingin sampaikan melalui renungan hari ini adalah tidak ada yang baik yang terjadi kebetulan di dalam hidup Anda. Jauh sebelum Anda lahir ke dunia, DIA telah merencanakan semua yang baik dalam hidup Anda. (penulis: @mistermuryadi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s