ANAK KESAYANGAN TUHAN

Father and SonAda dua hal yang iblis coba tutupi dari setiap anak-anak TUHAN. Kenapa iblis berusaha menutupi kedua hal ini? Karena pada saat Anda mengetahui dan menyadari kedua kebenaran ini, hidup Anda akan bangkit dan menang dari segala hal yang buruk yang terjadi di dalam hidup Anda. Hidup Anda akan merdeka sepenuhnya.

Hal pertama adalah fakta bahwa TUHAN yang kita sembah adalah TUHAN yang baik yang hanya merancangkan hal-hal terbaik di dalam hidup kita. Iblis berusaha ‘membunuh karakter’ BAPA Sorgawi di mata kita dengan membuat kita berpikir seolah Tuhan mengijinkan yang buruk terjadi untuk melatih atau mendidik kita. Padahal Firman Tuhan katakan rancangan Tuhan adalah rancangan damai sejahtera. Dan hal kedua yang iblis coba tutupi dari gereja adalah fakta bahwa di dalam YESUS, kita adalah anak-anak kesayangan TUHAN. Kita bukan lagi hamba, kita bukan hanya sekadar anak, tetapi anak kesayangan Tuhan.

Saya yakin Anda setuju jika saya mengatakan bahwa TUHAN yang kita sembah adalah TUHAN yang menciptakan seluruh jagat raya dengan segala kompleksitasnya dan TUHAN yang kita sembah sekaligus yang menciptakan rerumputan yang indah dengan segala kedetilannya. Namun, tahukah Anda bahwa TUHAN yang menciptakan segala sesuatu itu mengarahkan pandangan mataNYA kepada kita? Bukan karena DIA ingin mencari-cari kesalahan kita, menyelidiki, atau ingin mengawasi segala gerak gerik kita dengan kecurigaan kalau-kalau kita melakukan sesuatu di belakangNYA. DIA menaruh perhatianNYA kepada kita karena kita adalah anak kesayanganNYA. Ya, DIA ingin mencurahkan segala kebaikan dan kemurahanNYA bagi kita (Yeremia 24:6). Itulah fakta tentang Anda dan saya di mata Bapa Sorgawi.

(Baca juga: TUHAN HANYA RANCANGKAN YANG BAIK)

Anda akan jauh lebih mengerti ini saat Anda memiliki seorang anak. Jika anak Anda terbangun di tengah malam dari mimpi buruknya dan berteriak memanggil “ayah” atau “papa”, sebuah kata itu sudah cukup untuk membuat Anda loncat dari tempat tidur dan berlari mendapati anak Anda. Anda tidak akan menunggu anak Anda memanggil Anda “Ayah yang saya kasihi, yang bekerja sebagai seorang manajer di perusahaan mesin, dan yang kesukaannya minum jus jeruk”. Anda tidak akan menunggu anak Anda menyebutkan satu per satu jabatan dan prestasi Anda, bukan? Cukup kata “papa” atau “daddy” dan Anda segera berlari mendapatkannya.

Sadarkah Anda bahwa Bapa Sorgawi melakukan jauh lebih baik dari ayah kita di dunia ini? Kalau bapa di dunia bisa melakukan hal tersebut, apalagi Bapa Sorgawi (Matius 7:11). Itu sebabnya Firman Tuhan mengatakan kita dapat memanggilNYA, “Ya Abba, ya Bapa” (Galatia 4:6). Jika Anda pergi ke Israel, Anda akan menemukan anak-anak kecil berlarian sambil memanggil “Abba, Abba” kepada ayahnya. Abba adalah sebuah kata dari bahasa Aram dan merupakan panggilan yang intim antara seorang ayah dan anak. Kini Anda bisa memanggilNYA, “Abba Bapa”.

baby-in-hand-wallpaperIronisnya, kita sering berpikir dan merasa bahwa kita bukanlah anakNYA. Iblis selalu datang dengan tipu muslihatnya dan membuat kita merasa bahwa kita ini bukan anak TUHAN. Kalau pun kita berpikir kita adalah anakNYA, kita merasa kita bukan anak kesayanganNYA. Kita merasa TUHAN memiliki anak emas, yang lebih diperhatikan, yang lebih didahului dalam segala hal. Kita berpikir hamba-hamba TUHAN luar biasa adalah anak-anak emasnya TUHAN. TUHAN jauh lebih mengasihi mereka dibanding seorang Kristen biasa yang hanya datang ke gereja. Teman, buang pikiran ini jauh-jauh dari kepala Anda. Darah YESUS yang dicurahkan bagi Anda dan para hamba TUHAN yang luar biasa ini adalah darah yang sama. Saya ingin katakan bahwa TUHAN tidak memiliki anak emas. Kalau pun TUHAN memiliki anak emas, maka kita semua adalah anak emasnya TUHAN. Haleluya!

Mari kita membahas lebih dalam mengenai hal ini. Ada perbedaan yang sangat jelas antara seorang anak dan seorang hamba.

Anda tidak akan menemukan seorang anak yang memohon-mohon kepada ibunya supaya diberikan makan siang atau makan malam. Anda tidak akan mendengar seorang anak berkata, “Mama, please ijinkan saya masuk ke dalam rumah” atau “Pa, tolong ijinkan saya tidur di kamar papa hari ini. Please.” Kalau Anda mendengar ada anak yang bersikap seperti itu kepada orangtuanya, Anda perlu melaporkan hal tersebut ke pihak berwajib, karena pasti ada yang tidak beres dengan hubungan anak dan orangtuanya. Namun sebaliknya, Anda tidak akan menemukan seorang pembantu di rumah mengatakan, “Nyonya, malam ini saya mau tidur di kamar nyonya,” atau “Tuan, saya mau nonton sinetron, tolong jangan diganti ya channel televisinya.” Seorang pembantu akan meminta ijin sesering mungkin untuk melakukan sesuatu di rumah tuannya, atau bahkan memohon untuk meminta sesuatu dari tuannya.

Anda dapat melihat perbedaannya?

Seorang anak tidak perlu memohon-mohon atau sungkan kepada orangtuanya, sebaliknya seorang pembantu haruslah mengikuti aturan main yang berlaku saat dia bekerja. Teman, melalui artikel ini saya ingin meyakinkan Anda bahwa Anda adalah anak kesayangan TUHAN, Anda bukan hamba atau budak di hadapan TUHAN. Firman Tuhan dalam Galatia 3:26 dengan jelas mengatakan, “Sebab kamu semua adalah anak-anak Allah karena iman di dalam Yesus Kristus.” Haleluya. Melalui iman kita kepada YESUS, kita hari ini menyandang status anak-anak TUHAN. Saya tidak katakan kita tidak perlu meminta dari Bapa kita di Sorga. Yang saya katakan adalah kita tidak perlu memohon-mohon kepada DIA, seolah-olah DIA tidak ingin memberikan yang terbaik kepada kita.

aruba_father_sonApa keuntungan jika kita mengetahui bahwa kita adalah anak kesayangan TUHAN?

Banyak sekali. Saya teringat akan sebuah kisah pertarungan klasik antara Daud dan Goliat. Arti kata Daud adalah “yang dikasihi” dan arti kata Goliat adalah “dilucuti.” Ada sebuah arti yang luar biasa dari kedua nama ini. Bukan sebuah kebetulan Daud mengalahkan Goliat. Sama seperti ribuan pasukan Israel yang lain, hari itu, Daud pun mendengar cemooh dan tantangan dari Goliat.

Namun yang membedakan Daud dengan yang lainnya adalah Daud tahu bahwa TUHAN bersamanya dan TUHAN mengasihinya. Di antara ribuan pasukan yang gagah berani dan para pahlawan Israel, hari itu DAUD tampil menantang Goliat dan mengatakan, “Engkau mendatangi aku dengan pedang dan tombak dan lembing, tetapi aku mendatangi engkau dengan nama TUHAN semesta alam, TUHAN segala barisan Israel yang kautantang itu.”

Teman, untuk menyingkirkan dan menghancurkan ‘goliat-goliat’ di dalam hidup Anda, Anda perlu menyadari bahwa Anda adalah orang yang dikasihi TUHAN. Saat seseorang mengetahui TUHAN mengasihinya dan ada di pihaknya, maka orang tersebut tahu bahwa musuh-musuhnya akan kalah, dan dia yang akan menjadi pemenangnya. Jika TUHAN di pihakku, siapa lawanku? Tidak ada!

Hal yang sama pun terjadi di dalam kehidupan YESUS. Ketika Yesus dibaptis di Sungai Yordan, terdengar suara dari langit: “Engkaulah anakKu yang Kukasihi, kepadaMu-lah AKU berkenan (Lukas 3:22). Selang beberapa waktu, YESUS dituntun ROH ke padang gurun dan berpuasa 40 hari. Seperti kita semua tahu, iblis datang mencobai YESUS. Dalam ketiga pencobaannya, iblis mengawali dan mengakhiri dengan kalimat, “Jika Engkau Anak TUHAN (Lukas 4:3, 9)”. Ada satu kata yang dihapus oleh iblis, yaitu kata “Yang Dikasihi TUHAN.”

Teman, iblis selalu berusaha membuat kita merasa dan berpikir bahwa kita bukanlah anak yang dikasihi BAPA di Sorga. Namun, YESUS tahu bahwa DIA dikasihi oleh Bapa di Sorga dan dengan tenang dan tanpa susah payah YESUS mengalahkan iblis di padang gurun. Saat kita tahu bahwa kita dikasihi TUHAN, tidak ada satu pun tipu daya iblis yang dapat mengalahkan kita. Iblis bisa saja berkoar-koar dengan segudang kebohongannya dengan mengatakan kata-kata yang menuduh, menyudutkan, mengecilkan, merendahkan, mencemooh, membuat ragu, menawarkan kenikmatan, namun kita tahu bahwa semuanya tidak penting, karena jauh lebih penting apa yang BAPA katakan tentang diri kita, bahwa kita adalah anak-anak kesayanganNYA dan kita berharga di mataNYA.

(Baca juga: TUHAN ADALAH BAPA YANG SANGAT BAIK)

Saat seseorang tahu bahwa TUHAN mengasihi dirinya, maka DIA tahu TUHAN tidak pernah memberikan hal-hal yang akan menjerumuskannya ke dalam sesuatu yang buruk. Seumpama ada seorang teman menawarkan rokok, minuman keras, atau lain sebagainya, kita dapat berkata, “Oh, saya tahu BAPA di Sorga tidak menyediakan ini semua untuk saya. Ini bukan bagian saya.” Jika ada teman yang datang menawarkan pornografi, kita dapat menjawabnya, “Saya yakin sekali BAPA saya di Sorga tidak menyediakan ini untuk saya, anak kesayanganNYA.” Anda akan terbebas dari banyak godaan saat Anda menyadari Anda anak kesayanganNYA.

Apakah jika saya melakukan dosa yang fatal, seperti membunuh, saya tetap dianggap anak-anak kesayangan TUHAN?

Dosa tidak pernah membuat TUHAN menjauh dari Anda, namun saya harus katakan, dosa akan membuat Anda menjauh dari TUHAN. Itu adalah sifat alami dari dosa, membuat kita pergi dari TUHAN. Anda ingat Adam dan Hawa. Saat mereka jatuh ke dalam dosa, TUHAN tetap mencari mereka, namun Adam dan Hawa memutuskan bersembunyi (Kejadian 3:8-10). Teman, YESUS sudah menanggung seluruh dosa Anda di kayu salib. Kemarahan TUHAN akan dosa sudah terbayar lunas melalui kematian YESUS. Hari ini TUHAN tidak lagi marah kepada Anda karena dosa dan pelanggaran Anda, karena YESUS sudah membayarnya lunas 2000 tahun lalu. Darah YESUS-lah yang membuat Anda hidup kudus dan layak di mata TUHAN (1 Korintus 6:11). Di hadapanNYA, Anda adalah orang-orang yang hidup kudus dan tidak bercacat cela, karena darah YESUS.

“Lho, asyik dong. Kalau begitu saya bisa bebas berbuat dosa?” Saya senang Anda menanyakan hal ini kepada saya. Meskipun di mata TUHAN semua dosa sudah ditanggung, namun dosa masih memiliki konsekuensi. Misalnya: Anda membunuh seseorang. Di mata TUHAN Anda tetap anak kesayanganNYA, karena darah YESUS. Namun keluarga korban dan polisi tidak akan menganggap seperti itu. Kemungkinan besar Anda akan dibuat menderita oleh mereka akibat perbuatan Anda. Belum lagi iblis akan memanfaatkan situasi ini untuk menghancurkan Anda (Yohanes 10:10). Dosa merupakan ‘pintu’ bagi iblis untuk masuk ke dalam hidup Anda. Bodoh jika anak-anak memutuskan untuk hidup di dalam dosa, sementara YESUS datang menawarkan kehidupan yang indah dan penuh dengan pengharapan. Anda lihat, konsekuensi perbuatan jahat Anda tidak lagi datang dari TUHAN.

“Lalu, kalau TUHAN tetap mengasihi saya sekalipun saya berbuat dosa, apakah itu artinya TUHAN menyetujui perbuatan saya?” Tentu saja tidak! Di mata TUHAN dosa tetap sesuatu yang sangat jahat. Itu sebabnya YESUS datang, menderita, dan mati untuk menebus semua dosa dunia ini (1 Yohanes 2:2). Tuhan tetap mengasihi Anda sekalipun Anda berbuat dosa, tidak berarti TUHAN menyetujui perbuatan jahat Anda. DIA mengasihi Anda supaya Anda tidak lagi berbuat dosa, supaya Anda membenci dosa, dan mau hidup di dalam rencanaNYA yang indah. Itu sebabnya TUHAN mengasihi para pembunuh, pemerkosa, pencuri, supaya mereka keluar dari kegelapan dan masuk kepada terangNYA yang ajaib di mana mereka tidak perlu lagi melakukan hal-hal yang jahat yang merugikan hidup mereka. Kasih ada cara Tuhan membawa kita kepada pertobatan (Roma 2:4).

Saat Anda menyadari betapa BAPA mengasihi YESUS, Anda akan semakin menyadari betapa betapa BAPA mengasihi Anda. Anda akan menyadari betapa spesial Anda di mataNYA. Firman Tuhan katakan dalam Roma 8:32, “Ia, yang tidak menyayangkan Anak-Nya sendiri, tetapi yang menyerahkan-Nya bagi kita semua, bagaimanakah mungkin Ia tidak mengaruniakan segala sesuatu kepada kita bersama-sama dengan Dia?” Jika TUHAN telah menyerahkan YESUS untuk menyelamatkan Anda secara cuma-cuma, apa yang membuat Anda berpikir TUHAN tidak memberikan hal-hal lain kepada Anda, seperti berkat, kesehatan, kesembuhan, kesejahteraan, dan lain sebagainya?

Teman, hanya kepada anaklah warisan diberikan. Kita tidak pernah melihat atau mendengar ada seseorang yang memberikan harta warisan kepada pembantunya, kecuali di sinetron. Anda dan saya adalah anak-anak kesayangan TUHAN. Kepada kitalah harta warisan itu diberikan. Firman Tuhan meneguhkan dalam Galatia 4:7, “Jadi kamu bukan lagi hamba, melainkan anak; jikalau kamu anak, maka kamu juga adalah ahli-ahli waris, oleh Allah.”

Warisan apa yang TUHAN berikan untuk kita? Oh, sudah pasti warisan yang sangat dahsyat. Mari kita buka dari Galatia 3:29. Di ayat tersebut dikatakan, “Dan jikalau kamu adalah milik Kristus, maka kamu juga adalah keturunan Abraham dan berhak menerima janji TUHAN.” Kita buka satu ayat lagi dari Roma 4:16. Di sana tertulis, “Karena itulah kebenaran berdasarkan iman supaya merupakan kasih karunia, sehingga janji itu berlaku bagi semua keturunan Abraham, bukan hanya bagi mereka yang hidup dari hukum Taurat, tetapi juga bagi mereka yang hidup dari iman Abraham.” Haleluya! Melalui kematian Kristus, kita berhak menerima janji yang TUHAN berikan kepada Abraham. Mulai dari janji kesehatan, kesembuhan, kesejahteraan, keamanan, umur panjang, dan lain sebagainya. Salah satu janji luar biasa yang TUHAN berikan untuk Anda bisa Anda lihat di Yeremia 33:6.

6444261349_b70a7d07b2_oSaya akan tutup dengan ini. Mari kita baca ayat ini bersama-sama dari Yohanes 14:18a, “Aku tidak akan meninggalkan kamu sebagai yatim piatu.” Kata “yatim piatu” diambil dari bahasa Yunani “Orphanos”. Kata “orphanos” merupakan kata yang sangat dalam artinya. Arti kata ini bukan sekadar yatim piatu, tetapi juga sebuah perasaan ditinggalkan. Mungkin beberapa dari Anda yang ditinggalkan oleh orangtua Anda mengerti maksud saya. Ada perasaan kehilangan yang tidak bisa digambarkan oleh kata-kata saat seorang anak ditinggal ‘pergi’ (meninggal) oleh orangtuanya atau ditinggal ‘pergi’ oleh pasangannya setelah melewati pernikahan berpuluh-puluh tahun. Dan melalui Firman Tuhan ini, YESUS mengatakan bahwa DIA bukan hanya tidak akan meninggalkan kita, tapi juga tidak akan membiarkan kita merasakan sedikit pun perasaan ditinggalkan olehNYA. Haleluya!

Teman, DIA selalu ada untuk hidup Anda, kapan pun dan di mana pun Anda membutuhkanNYA. Anda tinggal memanggilnya “Abba”, maka DIA akan datang menghampiri Anda dan berkata, “AnakKU, AKU selalu bersamamu.” Mari di setiap saat dan setiap waktu kita mulai menyadari bahwa, “Saya adalah anak kesayangan TUHAN. Saya tahu DIA mengasihi saya lebih dari segalanya dan DIA merancangkan hanya yang terbaik bagi saya.” (penulis: @mistermuryadi)

*** Anda bisa mendengarkan rekaman kotbahnya dengan men-download dari link ini » GOD’S BELOVED

========================================================================

Semua materi di blog ini saya berikan cuma-cuma bagi para pembaca setia hagahtoday.com. Jika artikel ini memberkati Anda, pertimbangkanlah untuk menabur. Anda bisa memberikan donasi ke:
BCA 7340 12 6160 a/n Zaldy Muryadi.

Advertisements

2 thoughts on “ANAK KESAYANGAN TUHAN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s