GUNAKAN FIRMAN TUHAN UNTUK MEMBANGUN, BUKAN MENYERANG

1 Yohanes 4:11 Saudara-saudaraku yang kekasih, jikalau Allah sedemikian mengasihi kita, maka haruslah kita juga saling mengasihi.

Apakah pernah ada seseorang yang menyindir Anda dengan menggunakan Firman Tuhan? Atau mungkin Anda pernah menulis sebuah ayat atau kalimat tertentu di sosial media Anda dengan tujuan menyindir orang lain? Saya percaya bukan itu tujuan Tuhan menganugerahkan kebenaran-Nya bagi kita.

(Baca juga: MENIKMATI KASIH KRISTUS SETIAP SAAT)

Yesus, Sang Firman Yang Hidup, tidak pernah mengucapkan satu ayat pun dengan tujuan menjatuhkan seseorang. Setiap kata-kata yang Dia ucapkan selalu bertujuan untuk membangun, meneguhkan, dan menguatkan seseorang. Sungguh sangat disayangkan jika kita, sebagai orang percaya, menggunakannya untuk menyindir ataupun menyudutkan orang lain.

Alkitab mencatat sekelompok orang yang menggunakan Firman Tuhan untuk “menyerang”. Mereka adalah orang-orang Farisi dan Saduki. Bahkan terhadap orang-orang ini, Yesus tetap memberitakan kabar baik, menyatakan kasih-Nya, dan mengorbankan diri-Nya.

Mari kita berhenti menyalahgunakan Firman Tuhan. Gunakanlah Firman Tuhan untuk membangun, mengubahkan, menyembuhkan, menolong, dan menguatkan kehidupan orang-orang di sekitar kita. Jika kita ingin menyatakan kesalahan seseorang, Matius 18:15 mengatakan caranya adalah dengan menegor empat mata, bukan “menyerang” menggunakan ayat Firman Tuhan.

(Baca juga: MEMAHAMI ARTI KATA “KUDUS” DALAM ALKITAB)

Mari, kita belajar saling mengasihi satu dengan yang lain, karena itulah satu-satunya cara agar dunia tahu bahwa kita adalah murid-murid Yesus. (penulis: @mistermuryadi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.