LIMA HAL YANG DAPAT MEMBANTU PERTUMBUHAN IMAN KITA DI 2021

Efesus 4:15 tetapi dengan teguh berpegang kepada kebenaran di dalam kasih kita bertumbuh di dalam segala hal ke arah Dia, Kristus, yang adalah Kepala.

Tahun yang baru adalah waktu yang tepat untuk memulai sesuatu yang baru. Tentu kita dapat merencanakan hal-hal seperti ingin lebih bugar, lebih banyak makan sayur dan buah, tidur dan makan lebih teratur, jalan-jalan lebih sering, lebih banyak menghabiskan waktu bersama keluarga, dan hal-hal jasmaniah lainnya.

(Baca juga: TUHAN MENYEDIAKAN SESUATU YANG BARU DI TAHUN 2021)

Namun, penting juga untuk merencanakan pertumbuhan iman kita. Agar di tahun 2021, bukan hanya jasmani kita lebih sehat, tetapi juga pikiran dan jiwa kita lebih sehat. Berikut lima hal yang dapat kita lakukan untuk disiplin rohani kita:

01. Berdoa lebih sering
Kolose 4:2-4 mengajarkan kita untuk disiplin dalam berdoa. Berdoa membuat kita kembali melihat segala sesuatu dari kacamata Tuhan. Luangkanlah waktu untuk berdoa. Jika selama ini kita kesulitan untuk berdoa, mulailah membuat daftar doa, seperti hal-hal yang dapat kita syukuri, berdoa untuk keperluan atau kebutuhan orang-orang terdekat dan orang-orang di sekitar kita, berdoa untuk bangsa dan negara kita, dan orang-orang yang dianiaya karena iman mereka.

02. Membaca lebih banyak
Jika kita belum pernah membaca seluruh Alkitab, ini waktu yang tepat untuk memulainya. Atau setidaknya, kita dapat merencanakan untuk membaca semua kitab Perjanjian Baru di tahun ini. Jika kita sudah mulai meninggalkan kebiasaan membaca buku rohani, kita dapat memulainya lagi. Carilah buku dengan topik yang kita butuhkan dan buat komitmen untuk membacanya sampai selesai. Aplikasi smartphone seperti YouVersion sangatlah membantu jika kita ingin mulai membaca. Membaca melatih fokus kita dan menambah pengetahuan kita. Lebih jauh dari itu, praktikkan hal-hal yang kita dapatkan dari bacaan kita.

03. Coba untuk berpuasa
Berpuasa melatih diri kita bergantung dan fokus kepada Tuhan dan apa yang Dia inginkan bagi hidup kita. Bukan hanya berpuasa makan, tetapi juga berpuasa dari hal-hal yang selama ini membuat kita ketergantungan, seperti games, media sosial, ataupun kebiasaan-kebiasaan buruk kita.

04. Kagumi Tuhan lebih lagi
Kesibukan kita seringkali membuat kita lupa bahwa banyak hal di sekeliling kita yang dapat membuat kita kagum kepada Tuhan. Tuhan menciptakan gunung, lembah, rumput, burung-burung, ikan, pepohonan, laut, angin, embun, sidik jari, matahari, bintang, bulan, dan segala hewan untuk menunjukkan kebesaran diri-Nya. Ambillah waktu sejenak dalam liburan kita untuk memperhatikan dan merenungkan hal-hal itu agar kita kembali menyadari seberapa luar biasa Tuhan yang mengasihi dan menyertai kita.

(Baca juga: TARUHLAH PERHATIAN KITA KEPADA HAL-HAL YANG KEKAL)

05. Buatlah komitmen
Sangat mudah untuk menuliskan resolusi tahun baru, tetapi sulit untuk benar-benar berkomitmen melakukannya. Banyak orang menuliskan resolusi tahun baru di bulan Desember, kemudian berhenti melakukannya di bulan Februari. Namun, kita bukan seperti kebanyakan orang itu. Kita ingin benar-benar bertumbuh di dalam iman kita dan hal itu butuh usaha. Iman kita tidak bertumbuh jika kita hanya diam. Iman hanya dapat bertumbuh sejauh kita mau meluangkan waktu untuk menumbuhkannya. Sama seperti bibit jeruk di pekarangan rumah kita. Bibit jeruk itu dapat menjadi pohon jeruk hanya ketika kita mau berkomitmen untuk menyiram, memberi pupuk, dan memeliharanya. (penulis: @mistermuryadi)

One comment

  1. Di tahun 2021 kita akan menggenapi banyak hal. Dalam waktu 12 bulan ke depan kita bisa hidup berkemenangan. Belajar lebih mendisiplinkan diri dan mencapai banyak hal. Terima kasih Koh Zal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.